spot_img
Monday, June 17, 2024
spot_img

Pj. Wali Kota Ingatkan CJH Jaga Stamina

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menerima informasi terkini bahwa cuaca di tanah suci dalam kondisi panas terik. Hal ini pun menjadi perhatian khusus baginya sebab pada tahun ini ada sebanyak 1.166 calon jamaah haji (CJH) yang berasal dari Kota Malang.

Oleh karenanya, Wahyu pun menyampaikan secara langsung pada CJH untuk menjaga kesehatan fisik dan menjaga stamina. Hal tersebut seperti yang disampaikannya kepada 237 CJH dari KBIHU RSI Aisyiyah Kota Malang, saat doa bersama di Masjid Al-Ikhlas Jalan Raya Langsep, Kamis (9/5) kemarin.

“Harus ada persiapan fisik terkait dengan cuaca  yang sangat panas itu. Tentunya karena ini ibadah fisik, saya berpesan agar harus bisa menjaga stamina dalam menjalankan semua rangkaian haji dengan baik,” pesan Wahyu.

Menurut Wahyu, hal ini penting lantaran ibadah haji ini merupakan ibadah yang telah dinantikan sejak lama. Agar ibadah bisa maksimal, maka persiapan sejak jauh hari menjadi salah satu upaya agar pada pelaksanaan ibadah nanti bisa berjalan lancar. Pada tahun ini, pihaknya pun juga mengirimkan sejumlah petugas yang tergabung dalam Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) untuk memastikan CJH dari Kota Malang bisa menjalankan ibadah dengan maksimal.

“Kami ada beberapa petugas haji daerah, salah satunya ada pak Camat Kedungkandang (yang ikut mengawal),” tambahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr. Husnul Muarif menyampaikan, untuk mengantisipasi cuaca ekstrem di tanah suci, ia mengimbau para CJH agar jangan sampai merasa kehausan. Caranya yakni dengan mengkonsumsi air putih secara rutin, setidaknya 2,5 liter hingga 3 liter. Bahkan sekalipun jika tidak haus, harus tetap minum air putih.

“Karena bagaimanapun itu akan mengakibatkan Heatstroke. Jadi panas, penguapan cairan keluar akan mengakibatkan tidak fokus dan mengakibatkan pingsan. Diperkiraan cuaca disana sampai 50-52 derajat celcius,” tandasnya. (ian/aim)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img