MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Permintaan evakuasi oleh UPT Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Malang semakin tinggi. Tercatat PMK Kota Malang selama 2023 melakukan evakuasi sebanyak 603 kejadian, baik hewan maupun manusia. Untuk melayani masyarakat,
UPT PMK Kota Malang menambah satu unit mobil rescue Toyota Hilux Double Cabin.
Kepala Operasional UPT Damkar Kota Malang Anang Yuwono mengatakan, armada ini akan mengganti armada Semut Ireng. Armada ini berfungsi untuk tugas penyelamatan dan evakuasi. Namun, saat ini masih belum bisa beroperasi karena masih dalam tahapan pengurusan administrasi kendaraan.
“Kami menyiapkan untuk unit baru bisa beroperasi di akhir Januari ini. Saat ini masih proses pengurusan plat nomor,” ungkapnya.
Unit mobil senilai Rp 800 juta ini dibeli dari APBD Kota Malang untuk menunjang kinerja evakuasi UPT PMK Kota Malang. Mobil dengan kapasitas mesin 2500 CC itu, siap menggantikan armada yang sudah usang dalam memimpin setiap kegiatan evakuasi dan pemadaman.
“Kami merasa unit ini mampu menjangkau capaian response time tim kami, hanya 15 menit. Selain itu juga bisa untuk membuka jalan saat menuju lokasi kejadian, karena jalanan di Kota Malang cukup padat,” beber Anang.
Armada Toyota Hilux ini akan diberi nama Semut Ireng 2. Kendaraan ini bisa memuat enam orang, dan di bagian kabin belakang bisa digunakan untuk menyimpan semua alat rescue UPT PMK Kota Malang. Khususnya penyelamatan dan evakuasi.
Ia menyebutkan, peralatan yang dibawa semakin lengkap, proses evakuasi dan penyelamatan juga semakin singkat. Apalagi dari 603 penyelamatan, sebanyak 426 adalah penyelamatan hewan (animal rescue).
“Oleh sebab itu, hewan ini beragam dan tantangannya juga kompleks. Kami mencatat selama 2023 melakukan evakuasi ular sebanyak 218 ekor, sarang tawon 106 buah, kucing sebanyak 69 ekor, biawak dan tokek 25 ekor, serta hewan lain seperti monyet, luwak hingga dan ulat bulu,” jelasnya.
Dengan armada ini tentu menjadi motivasi dan penguatan mendongkrak kinerja UPT PMK Kota Malang. “Harapan kami ini semakin meningkatkan kualitas pelayanan kami, dan bisa terus membantu dan melayani masyarakat,” pungkasnya. (rex/aim)