spot_img
Saturday, July 20, 2024
spot_img

Poster Salat Idul Adha di UIN Maliki Malang; Viral Rencana Salat Idul Adha Dipimpin Perempuan, Rektor UIN Maliki Buka Suara

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Belakangan ramai di sejumlah media sosial terkait beredarnya kabar rencana Salat Idula Adha di Masjid Ulul Albab Universitas Islam Negeri (UIN) Maliki Malang pada Senin (17/6) yang akan dipimpin imam dan khotib perempuan. Sesuai poster yang beredar, khatib Salat Ied rencananya akan disampaikan Prof. Dr. Hj. Tutik Hamidah, M.Ag. Sedangkan yang menjadi Imam adalah Firdausi Nuzula, kemudian yang menjadi Bilal yakni Gita Selvia.

Beredarnya kabar ini pun membuat warganet heboh, lantaran pelaksanaan salat dipimpin oleh perempuan ini. Menyikapi ramainya terkait informasi tersebut, Rektor UIN Malang Prof. Zainudin pun buka suara. Ia membenarkan bahwa Salat Id bakal dipimpin perempuan, tapi tidak akan diikuti oleh jemaah laki-laki.

- Advertisement -

“Iya tapi itu khusus mahasiswi (Karena) kita punya dua masjid. Supaya tidak campur dengan mahasiswa,” jelas Prof Zainudin dikonfirmasi Malang Posco Media, Sabtu (15/6) kemarin.

Setelah poster gambar tersebut beredar, pihak kampus diketahui segera melakukan revisi terhadap informasi yang ada di dalamnya. Di poster gambar terbaru, pihak kampus telah menambah informasi bahwa Salat Id tersebut dikhususkan untuk mahasantri putri.

Prof. Zainudin menjelaskan, pelaksanaan Salat Id ini memang sengaja tidak digabung dengan jemaah laki-laki yang biasa bertempat di Masjid At-Tarbiyah. Pasalnya ada beberapa faktor yang menjadi penyebab.

“Ya karena masjid yang satu kan sudah overload (penuh, red). Selain itu juga supaya mereka ini fokus dan khusyuk ibadahnya, tidak campur. Secara syari jika khusus wanita boleh. Dan ini juga biasa diterapkan di pondok puteri, di Jombang misalnya,” beber dia. (ian/aim)

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img