spot_img
Tuesday, May 21, 2024
spot_img

Praktik Bikin Olahan Kopi Berkualitas

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Kepala SMK Muhammadiyah 3 Singosari (Mugas), Dra. Titin Prihatin Rahayu, MM terus melakukan terobosan pendidikan inovatif untuk menumbuhkan jiwa wirausaha bagi siswanya. Salah satu yang dilakukan oleh SMK Mugas dengan berkolaborasi bersama para petani dan penggiat kopi di Kabupaten Malang sekaligus  Gerai Kopi Katinden Lawang sebagai lokasi praktik.

“Kolaborasi ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha siswa. Sekaligus memberikan pengetahuan dasar tentang pengolahan kopi langsung dari petani dan pelaku UMKM. Sehingga mereka mengetahui  mengenai jenis kopi sebagai komoditas unggulan daerah Malang dan teknik manual brewing,” ujar Titin Prihatin, Minggu (4/4) kemarin.

Dalam kolaborasi ini nantinya banyak materi yang disampaikan, salah satunya adalah proses sortir biji kopi dan roasting di Gerai Kopi Katinden Lawang. Hal ini diharapkan memberikan kesempatan bagi siswa untuk melihat secara nyata biji kopi yang diklasifikasikan berdasarkan kualitasnya serta proses roasting yang merupakan tahap penting dalam menghasilkan rasa kopi yang khas.

Tidak hanya materi yang diberikan. Siswa juga dipandu untuk melihat dan mencoba membuat kopi dengan metode manual brewing. Proses ini merupakan tantangan baru bagi mereka yang akan mendapatkan pengalaman langsung dalam meracik kopi menggunakan teknik manual dan memperhatikan berbagai aspek seperti suhu, waktu, dan perbandingan antara bubuk kopi dan air.

Dengan kolaborasi ini diharapkan nantinya siswa dapat memahami secara menyeluruh cara mengolah kopi berdasarkan jenis dan kualitasnya sehingga mampu menjadi barista andal di dunia perhotelan dan atau menjadi pelaku usaha yang turut mengembangkan produk lokal.

“Kolaborasi ini merupakan komitmen kami  untuk memberikan wadah dan menyediakan peluang yang sangat berharga bagi siswa untuk memperluas pengetahuan mereka tentang industri perhotelan dan kewirausahaan, sambil juga menumbuhkan semangat jiwa wirausaha dan kreativitas dalam mengembangkan produk lokal,” ujar Titin.

Dia juga berharap, kolaborasi pembelajaran berbasis industri dan kewirausahaan di Gerai Kopi Katinden Lawang bagi siswa jurusan Perhotelan SMK Muhammadiyah 3 Singosari bukan hanya menjadi sebuah kegiatan belajar biasa. Lebih dari itu, kegiatan ini membuka cakrawala baru bagi siswa untuk melihat, merasakan, dan mengalami industri kopi secara langsung, sehingga diharapkan dapat menjadikan mereka sebagai generasi yang terampil, inovatif, dan berdaya saing dalam menghadapi industri di masa depan.

“Saat ini kami sudah banyak kolaborasi dengan beberapa industri yang ada di Malang maupun luar kota. Harapannya, peluang ini bisa dimaksimalkan oleh siswa. Sehingga ketika lulus dari sini mereka sudah memiliki skill yang mumpuni,” tandasnya. (hud/imm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img