spot_img
Friday, May 24, 2024
spot_img

Praktisi Internasional Matangkan Skill Calon Wisudawan

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Pusat Karir STIE Kertanegara Malang

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – STIE Kertanegara Malang (STIEKMA) memberi bekal untuk para calon lulusannya. Sebelum lulus wisuda sejumlah mahasiswa mendapat materi kiat-kiat memasuki dunia kerja. Tak tanggung-tanggung, dalam hal ini STIEKMA mengundang praktisi kelas internasional.

Dia adalah Faris Hidayat, ST., MT., PMP., selaku Global Project Manager dari Philip Morris International. Dalam kegiatan yang bertema Preparation and Apply for a Job, Faris memberikan materi secara daring. Kegiatan ini digelar secara hybrid. Faris sendiri hadir secara online karena saat ini sedang bertugas di Lisbon Portugal.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Carrier Center STIEKMA. Diikuti oleh puluhan mahasiswa, khususnya bagi mereka yang akan wisuda 16 September 2023 mendatang.

Dalam kesempatan tersebut, Faris menerangkan beberapa poin penting dalam menghadapi dunia kerja. Antara lain teknik memilih pekerjaan, penyusunan rencana karir dan jenjang karir.

Menurutnya mahasiswa STIE Kertanegara Malang telah memiliki kompetensi yang sesuai dengan dunia kerja. Khususnya di bidang manajemen, bisnis dan keuangan.

“Orang yang punya skill dan background bisnis dan manajemen kebanyakan memiliki posisi yang strategis di perusahaan. Dan profil itu ada pada anda sebagai calon sarjana ekonomi dan manajemen,” katanya.

Lulusan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini menjelaskan sebelum memutuskan memilih pekerjaan sebaiknya seseorang perlu mengetahui dan mengenal dirinya lebih dulu. Dalam artian, minat dan bakat yang dimiliki.

Tak kalah penting juga mengetahui urgensi pekerjaan yang akan dipilih serta disesuaikan dengan sifat dan karakteristik pribadi. “Mempelajari diri sendiri itu langkah awal yang penting untuk dilakukan. Lalu menentukan pilihan dan belajar mencari peluang,” tuturnya.

Dia juga menyampaikan bahwa jalur karir dalam setiap perusahaan tidaklah sama. Tidak selalu naik, terkadang juga horizontal. “Yang penting gunakan kekuatan anda untuk mencapai tujuan. Maksimalkan potensi yang anda miliki untuk mencapai sukses dalam pekerjaan,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Pusat Karir STIEKMA Muhammad Afif, S.Sos. MM., mengatakan Preparation and Apply for a Job menjadi sebuah program rutin menjelang wisuda. Kegiatan ini telah berjalan rutin dalam tiga tahun terakhir.

“Karena kami melihat pentingnya materi ini maka perlu memberikan kepada mahasiswa sebagai bekal mereka menghadapi dunia kerja setelah lulus nanti,” katanya.

Afif mengungkapkan ada tiga sesi dalam Preparation and Apply for a Job. Pertama preparation. Fokus pada persiapan dan cara membuat surat lamaran kerja yang menarik. Sehingga menjadi perhatian bagian HRD sebuah perusahaan.

Sesi kedua, tentang pentingnya TOEFL. Sehingga mahasiswa dapat mempersiapkan keterampilan dan kemampuan bahasa Inggris mereka. “Sesi pertama dan kedua ini dilaksanaka Tanggal 13 Agustus lalu. Sedangkan sesi ketiga pada hari ini, kami mengundang Mas Faris sebagai narasumber yang kini sukses berkarir di Portugal,” kata dia.

Afif menjelaskan bahwa secara kompetensi mahasiswanya sudah mendapatkan di bangku kuliah. Secara keilmuan mereka dinilai sudah siap. Hanya saja penguatan dari praktisi andal penting juga diberikan sebagai motivasi bagi calon wisudawan. Termasuk penguatan pada segi skillnya.

“Supaya lebih mantap maka kami mengundang narasumber-narasumber yang kompeten dan sukses berkarir mulai dari bawah hingga di posisinya yang strategis saat ini. Agar mereka dapat sharing pengalaman pada mahasiswa kami,” pungkasnya. (imm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img