spot_img
Thursday, June 20, 2024
spot_img

Prodi S1 Kedokteran UM Resmi Dibuka, Langsung Buka Pendaftaran Hingga 20 Agustus 2023

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA – Program Studi (Prodi) S1 Kedokteran Universitas Negeri Malang (UM) resmi dibuka. Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi RI dan Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) sudah turun. Izin tersebut turun dari Kementerian, Selasa (16/8).

Hal itu disampaikan langsung oleh Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono , M.Pd, dalam konferensi pers, Rabu (16/8). “Alhamdulillah setelah melalui proses yang begitu panjang dan ketat, akhirnya SK S1 Kedokteran turun. Sesuai dengan ketentuan Kemendikbudristek, segala sesuatunya juga harus dengan persetujuan LAM PTKes,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, keinginan UM memiliki Fakultas Kedokteran sudah sejak lama. Bahkan dimulai pada Tahun 1996 dengan dibukanya Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat. “Jadi ini bukan Persiapan baru, bahwa keinginan kita memiliki S1 Kedokteran sudah lama,” ujarnya. 

Dengan turunnya izin dan SK tersebut, UM mengambil langkah cepat. Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) untuk Prodi S1 Kedokteran ini langsung dibuka. Dimulai Rabu (16/8) hari ini hingga 20 Agustus 2023. “Meskipun waktunya cukup singkat dan mepet sekali, tapi kami yakin dapat memperoleh mahasiswa sesuai dengan target,” katanya.

Prof Hariyono mengungkapkan, untuk angkatan pertama mahasiswa S1 Kedokteran UM menentukan 50 mahasiswa saja. UM mendapat izin dari Kementerian untuk memperpanjang masa Penerimaan Mahasiswa Baru. Karena masa SNBP dan UTBK SNBT sudah selesai.

“Kami mendapatkan izin hingga Minggu ketiga Agustus melalui jalur Seleksi Mandiri. Semoga masih ada kesempatan untuk menjaring mahasiswa yang berkualitas,” tuturnya.

Sementara Wakil Rektor 1 UM, Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd mengatakan Program S1 Kedokteran UM memiliki distingsi. Yakni memiliki keunggulan di bidang olahraga, promotif dan preventif.

“Program unggulan ini pun sudah diizinkan oleh Kemendikbudristek dan LAM PTKes. Keberadaan FK UM akan menjadi satu upaya strategis untuk menjaga kesehatan masyarakat,” terangnya dalam kesempatan yang sama.

Pria asal Sumenep ini juga menegaskan bahwa persiapan UM membuka Fakultas Kedokteran cukup panjang. Tujuannya agar tidak kurang sesuatu apapun. Persyaratan dari LAM PTKes juga banyak. Detail, dan harus lengkap.

Setidaknya ada empat yang harus benar-benar siap. Yakni uji kelayakan, kurikulum, Sumber Daya Manusia serta sarapan prasarana. “Semua sudah kami penuhi tanpa ada yang kurang. Termasuk SDM yang sudah kami siap dengan kompetensi yang sesuai,” tandasnya. (imm/bua)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img