spot_img
Monday, February 26, 2024
spot_img

Produk Kota Batu Tembus Pasar Luar

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Pj Wali Kota: Diharapkan Tingkatkan Income Masyarakat

MALANG POSCO MEDIA, KOTA BATU- Gairah perekonomian di Kota Batu terus menggeliat. Hal ini dilihat dari produk lokal yang mampu melakukan ekspor. Khusunya produk UMKM Kota Batu. Terbaru Pj Walikota Batu, Aries Agung Paewai menghadiri perjanjian kontrak kerja sama Creative Kokedama dengan Bond Syoji.co.ltd dari Jepang di Kampung Sakur, Desa Sidomulyo.

PJ Aries berharap dengan adanya kerja sama perusahaan tersebut akan tercipta lapangan pekerjaan bagi masyarakat di Kota Batu. Termasuk dapat memberdayakan masyarakat di Desa Sidomulyo untuk mendapat pendapatan signifikan.  “Pariwisata dengan UMKM tidak bisa terpisahkan. Dalam kerja sama ini ada produk pertanian dan UMKM diekspor. Kami berharap nanti akan dikembangkan terus. Adanya kerja sama ini juga menciptakan lapangan pekerjaan yang masif,” ujar Pj Aries.

Dengan adanya produk Kokedama yang telah diekspor ke Jepang, Pemkot Kota Batu akan terus mengembangkan potensi lainnya dan mengajak anak muda terlibat. “Ini sebagai bentuk keseriusan Pemkot Batu untuk mendukung kerja sama agar ekspor produk dari Kota Batu terus meningkat,” tambahnya.

Sementara itu, Owner Kreative Kokedama Dwi Lili Indayani menjelaskan, dengan adanya kerja sama kontrak tersebut nantinya akan memberdayakan masyarakat di Kampung Sakura Desa Sidomulyo untuk meningkatkan produk Kotedama. “Kerja sama dengan Kampung Sakura akan mengembangkan kapasitas produksi handmade dan juga memberdayakan masyarakat,” ujarnya.

Dibeberkan dia, produk Kokedama tahun 2023 diekspor ke Jepang mencapai 10.450 pcs. Di tahun 2024 kontraknya dengan Bond Syoji.co.ltd dua kontainer dengan jumlah produk Kokedama 20 ribu pcs. Karena itu, masyarakat di kampung Sakura juga diberdayakan untuk meningkatkan produk.

Sementara itu, Owner Bond Syoji.co.ltd Hiroyuko Ookubo menyambut baik kerja sama tersebut. Dikatakannya pasaran produk Kokedama di Jepang ditinggi. Dan ia berharap di tahun ini dapat meningkatkan ekspor yang lebih besar. “Produk Kokedama ini menarik. Mudah-mudahan kerjasaa ini bisa merambah ke produk lainnya,” tandasnya. (den/eri/jon)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img