spot_img
Thursday, July 25, 2024
spot_img

Prof. Bisri: Yayasan Pendidikan Almaarif, Bermutu dan Bereputasi

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Yayasan Pendidikan Almaarif Singosari

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Prof. Dr. Ir. KH. Muhammad Bisri, MS, IPU mengapresiasi Yayasan Pendidikan (YP) Almaarif Singosari yang sudah menjadi Yayasan Pendidikan yang sehat, bermutu dan bereputasi.

Hal tersebut disampaikan di depan 1.700 dari wali murid dan para guru yang hadir dari delapan unit mulai TK, SD Islam, MI, SMP Islam, MTs, SMA, MA dan SMK Plus Almaarif Singosari dalam kegiatan Peresmian Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2023 – 2024 di Auditorium H. Mahmud Yunus YP Almaarif Singosari Kabupaten Malang, Sabtu (26/8).

- Advertisement -

Prof. Bisri menyampaikan, sebuah Yayasan Pendidikan yang sehat terlihat dari fasilitasnya yang lengkap. Menurutnya, YP Almaarif Singosari ini sudah memenuhi syarat menjadi yayasan pendidikan yang sehat, bermutu dan bereputasi.

“Luar biasa. Saya baru pertama kali hadir disini (YP Almaarif Singosari, red.) sudah bisa menyimpulkan bahwa yayasan ini sudah sehat. Terlihat dari gedungnya yang megah. Padahal berada di daerah perkampungan. Jadi para wali murid ini tidak salah menitipkan putra-putrinya di sini,” kata Prof. Bisri.

Prof. Bisri juga menyampaikan, pendidikan Islam harus bermutu dan bereputasi. Tidak boleh ecek-ecek (tidak sungguh-sungguh, red.). Karena Islam itu mulia. Dan orang Islam harus belajar dua ilmu (dunia dan akhirat), sesuai perintah Nabi Muhammad SAW.

Beliau meyakini, di YP Almaarif Singosari ini sudah mengajarkan dua ilmu tersebut. Walaupun komposisinya 70 persen ilmu agama dan 30 persen ilmu umum. “Saya bangga di YP Almaarif Singosari ini menerapkan dua ilmu yang sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW, terutama Thariqah An-Nahdliyah,” ujar Prof. Bisri.

Dalam pidatonya, Prof. Bisri memberikan sedikit tentang bagaimana dalam menerapkan yayasan pendidikan Islam harus berinovasi, adaptif, kompetitif. Sesuai dengan zaman sekarang. Ada tiga pilar pendidikan yang bisa diterapkan yaitu Sehat, Bermutu dan Reputasi. Pilar pertama adalah Sehat yang meliputi, tata kelola dengan manajemen waktu, keuangan, Sumber Daya Manusia (SDM), perundangan dan regulasi, sistem informasi terintegrasi dan modernisasi aset.

Kemudian Bermutu di dalamnya ada, Menetapkan standar secara bertahap dan berkelanjutan untuk mewujudkan visi dan misi, pelayanan prima (Kepuasan Stakeholder), mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, dunia kerja dan profesional. Yang terakhir adalah bereputasi yang meliputi, mempunyai nama baik, mendapat penghargaan serta menjadi rujukan dan contoh baik.

“Saya meyakini YP Almaarif Singosari ini sudah menerapkan tiga pilar pendidikan tersebut. Terlihat dari fasilitasnya yang sudah sesuai dengan standar. Dan saya sering melihat YP Almaarif Singosari ini muncul di media (cetak) mendapat penghargaan. Jadi tinggal mempertahankan dan meningkatkan lagi mutu dan reputasinya,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua YP Almaarif Singosari H. Moh. Anas Noor, M.H dalam sambutannya menyampaikan terima kasihnya kepada wali murid yang sudah menitipkan putra-putrinya di YP Almaarif Singosari. Menurutnya, amanah ini akan dijalankan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan oleh wali murid.

“Kami akan menjalankan amanat ini sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Karena ini menjadi harapan dari wali murid. Dan kami segenap pengurus dari YP Almaarif Singosari akan hadir ditengah-tengah unit yang ada, supaya amanah ini berjalan dengan baik,” ungkap KH. Anas.

Pada Tahun Ajaran Baru 2023-2024 ini, YP Almaarif Singosari menerima 1.335 siswa terdiri dari 77 siswa dari TK, 89 siswa dari MI, 114 siswa SD, 301 siswa MTs, 175 siswa SMP, 318 siswa MA, 180 siswa SMA dan 82 siswa dari SMK Plus Almaarif Singosari. (sir/hud/udi)

- Advertisement - Pengumuman
- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img