spot_img
spot_img
Monday, April 15, 2024
spot_img
spot_img

Program Guest Lecture Universitas Gajayana Malang dan Universiti Teknologi Mara Malaysia; Perkuat Wawasan Internasional Dosen dan Mahasiswa

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Universitas Gajayana (Uniga) Malang bekerjasama dengan Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia menggelar International Guest Lecture, Jumat (23/2) kemarin.

Acara yang diadakan di Aula Pascasarjana Gedung C Lantai 3 tersebut bertujuan untuk memperluas wawasan mahasiswa dan membuka peluang kolaborasi antara dua institusi pendidikan yang bergengsi ini.

Rektor Uniga Malang, Prof. Dr. Ernani Hadiyati, S.E., M.M dalam sambutannya menyampaikan, para mahasiswa akan memperoleh materi dari tiga dosen dari UiTM Malaysia yakni, Rumaizah Mohd Nordin (Assoc Prof, Ir, Ts, Dr), Juliana Brahim (Ts, Dr) dan Muhamad Zaihafiz Bin Zainal Abidin (Ts, Sr,).

“Ketiga dosen ini nantinya akan memberikan materi dan berdiskusi dengan para mahasiswa tentang pendidikan yang ada di Malaysia. Semisal summer school, kehidupan di sana bahkan budayanya seperti apa dan lainnya,” ucap Prof. Ernani Hadiyati.

Prof Ernani Hadiyati, juga menjelaskan, Uniga Malang sudah menjadi bagian di dalam konsorsium Indonesia. Sehingga Uniga Malang masih diberikan waktu terkait program-program internasional seperti yang dilaksanakan saat ini.

“Kerjasama antara Uniga Malang dan Universitas Teknologi Mara Malaysia diharapkan akan terus berkembang melalui pertukaran akademik, penelitian bersama, dan kegiatan kolaboratif lainnya demi kemajuan dunia pendidikan di kedua negara,” imbuhnya.

Prof Ernani juga menjelaskan, kegiatan International Guest Lecture kali ini tidak hanya para mahasiswa yang memperoleh materi, para dosen juga akan memperoleh pandangan program-program yang berkelanjutan bekerjasama dengan internasional yang menyangkut tentang riset dan publikasi. Sehingga tidak menutup kemungkinan hasil penelitian dari mahasiswa S1,S2 dan S3 bisa melakukan join publikasi karena sudah bekerjasama dengan dosen-dosen yang  ada  UiTM, Malaysia.

“Kesempatan ini silahkan digunakan sebaik baiknya. Karena, para pemateri sudah banyak melakukan kerjasama dengan negara selain Indonesia. Semoga kerjasama ini tidak hanya berhenti pada kuliah tamu saja. Kedepan, akan dilanjutkan program-program selanjutnya dalam Tri Dharma perguruan tinggi yang mencakup penelitian, kemudian proses pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat,” paparnya.

Acara International Guest Lecture ini dihadiri oleh lebih dari 200 mahasiswa dan dosen Uniga Malang dari berbagai program studi. Mereka memberikan tanggapan positif terhadap materi yang disampaikan dan menyambut baik peluang kolaborasi ini. (hud/adv/imm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img