spot_img
Sunday, February 25, 2024
spot_img

Program Literasi Pantai SMAN 1 Sumbermanjing; Branding Tanjung Penyu Jadi Wisata Favorit

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Menjadi program khusus ketika Agus Harianto, M.Pd diangkat menjadi kepala SMAN 1 Sumbermanjing, program Literasi Pantai yang digagas memang menjadi salah satu program andalan. Sukses pada program literasi pantai Teluk Asmara pada semester sebelumnya, semester ini full akan digarap literasi pantai Tanjung Penyu.

Pantai Tanjung Penyu memang sedang viral di kalangan wisatawan. Berkonsep seperti pantai-pantai di Bali, pantai ini akan menjadi tujuan favorit para wisatawan. Pantai yang terletak di wilayah administratif Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjingwetan ini sangat ikonik dengan penyu karena keberadaan penangkaran penyu.


Kepala SMAN 1 Sumbermanjing Agus Harianto, M.Pd berharap literasi pantai yang digagasnya akan memudahkan setiap wisatawan yang akan berkunjung ke wilayah Sumbermanjingwetan. Wisatawan dengan mudah mendapatkan informasi literasi pantai di media sosial.


‘’SMAN 1 Sumbermanjing hadir di media sosial seperti Youtube, Instagram, dan TikTok dengan keyword search SMAN1Sumbermanjing untuk menjawab sebuah peradaban baru, salah satunya adalah literasi pantai. Tidak dapat dipungkiri salah satu daya tarik wilayah Malang Selatan adalah pantai-pantai yang indah,’’ jelasnya kepada Malang Posco Media kemarin.


Beberapa pelancong yang sudah berjibakau dengan tempat wisata di Indonesia, lanjutnya, berkelakar sedikit sentuhan sarana wilayah pantai Malang selatan akan mampu bersaing dari sudut wisata pantainya. ‘’SMAN 1 Sumbermanjing wajib mengambil bagian dari perkembangan zaman, salah satunya lewat literasi ini,’’ tandasnya.


Dibantu dengan tim branding sekolah, program Literasi Pantai ini berjalan cepat. Ada satu pantai lagi yang akan menjadi target pada semester genap tahun 2024 ini. Tidak bisa ditawar lagi kepentingan wisatawan akan informasi pantai sangat minim. Dibutuhkan langkah yang tepat untuk wisatawan mendapatkan informasi secara instan dan terarah melalui gawai yang dimilikinya.


‘’Berpedoman pada sejarah masa lalu, sudah sepatutnya perkembangan perekonomian kembali ke wilayah lautan. Indonesia memiliki sepertiga luas wilayahnya adalah laut/ perairan. Jika hal ini mampu dilakukan bukan tidak mungkin berbagai lowongan pekerjaan mampu diserap. Menjadi cita-cita besar negara ini mampu memperkuat sendi perekonomiannya melalui pembangunan wilayah kelautan,’’ bebernya.


Program Literasi Pantai yang telah dilaksanakan SMAN 1 Sumbermanjing memang masih kecil. Ada puluhan lagi wilayah pantai di wilayah Kecamatan Sumbermanjingwetan yang nantinya diharapkan bisa diselesaiakan melalui literasi pantai ini.


‘’Masih menjadi cita-cita besar bahwa program ini mendapatkan dukungan dari berbagai pihak agar kemudahan semakin dirasakan oleh wisatawan yang akan mengunjungi wilayah-wilayah di Kecamatan Sumbermanjingwetan,’’ pungkasnya optimis. (adv/lim)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img