MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Negeri Malang (UM) menggelar kuliah tamu bertajuk: How Libraries Build Inclusive Communities in Germany, Rabu (19/2) lalu, di ruang 405, GKB A20 lantai 4. Acara ini berlangsung atas kolaborasi dengan komunitas Ruang Belajar Aqil (RBA) guna membekali mahasiswa dengan wawasan menciptakan perpustakaan inklusif.
Ari Setiawan, perwakilan dari RBA, membuka acara dengan memperkenalkan komunitas yang fokus pada pembelajaran bermakna untuk remaja dan masyarakat. Kuliah tamu menghadirkan Marina Sokolova, seorang relawan global RBA dari Rusia, sebagai pembicara utama. Turut hadir dari Prodi Ilmu Perpustakaan, Rani Auliawati Rachman, S.AP., M.I.Kom. dan Sherly Rosa Anggraeni, S.Kom., M.Kom.
Marina Sokolova menyampaikan pentingnya perpustakaan inklusif seperti di Jerman yang lebih berfokus pada koneksi dibandingkan koleksi. “Perpustakaan harus menjadi ruang sosial yang menghubungkan penulis dan pembaca, didukung dengan teknologi canggih serta desain interior yang mendukung inklusivitas,” ujar Marina.
Namun, menurutnya tantangan membangun perpustakaan inklusif di Indonesia meliputi keterbatasan biaya, strategi pemasaran untuk menjangkau masyarakat, serta kebutuhan inovasi yang berkelanjutan.
Sebagai bagian dari pembelajaran, peserta kuliah tamu dibagi menjadi enam kelompok dan diberikan tantangan merancang ide perpustakaan inklusif untuk berbagai kelompok masyarakat, seperti siswa, anak berkebutuhan khusus, masyarakat marginal, lansia, dan masyarakat desa.
“Kegiatan ini sangat membantu mahasiswa mengasah keterampilan dalam merancang perpustakaan yang tidak hanya mengedepankan fungsi, tetapi juga mampu menjangkau berbagai kalangan,” ungkap Ari Setiawan.
Kuliah tamu itu mendukung tujuan keempat dalam Sustainable Development Goals (SDGs), yakni memastikan pendidikan berkualitas yang inklusif dan merata bagi semua. Melalui kegiatan ini, mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi dan wawasan sebagai pustakawan yang responsif terhadap kebutuhan masyarakat. (imm/udi)