spot_img
spot_img

Festival Sego Empok 2022

Promosikan Kuliner Lokal,Pilih Lima Pemenang

MALANG POSCO MEDIA, KOTA BATU – Setelah absen selama dua tahun karena pandemi Covid-19, Festival Sego Empok kembali di gelar di halaman Balaikota Among Tani Kota Batu, Kamis (1/12) kemarin. Festival tahunan dalam rangka memeriahkan HUT Kota Batu dan HUT PKK Kota Batu.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu, Heru Yulianto mengatakan bahwa kegiatan ini  diikuti oleh 26 kelompok yang terdiri dari 24 desa/kelurahan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan serta SMKN 1 Batu.

“Tahun ini Festival Sego Empok mengusung tema “Penganekaragaman Pangan Lokal Dukung Ketahanan Pangan Nasional”. Sesuai tema, tujuannya diadakan kegiatan untuk memanfaatkan produk pangan lokal sebagai dukungan di saat krisis pangan dunia saat ini,” ujar Heru kepada Malang Posco Media.

Berita Lainnya:  Konsisten Tambah Penanaman Investasi, Raih Investment Awards 2022

Bukan hanya memanfaatkan produk pangan lokal sebagai dukungan di saat krisis pangan. Festival ini diselenggarakan setiap tahunnya untuk mempromosikan dan mengenalkan produk pangan lokal kepada generasi muda dan masyarakat umum.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Batu, Zadim Effisiensi mewakili Wali Kota Batu menambahkan bahwa festival ini diharapkan untuk melestarikan makanan khas lokal dan memperkenalkannya ke generasi muda.

“Apalagi Sego Empok menjadi tradisi wajib bagi Pemkot Batu dalam menjamu tamu-tamunya yang datang dari luar kota. Dengan begitu, sego empok juga diharapkan dapat menjadi ciri khas Kota Batu. Mengingat kuliner ini masih erat dengan makanan tradisional berbahan hasil bumi masyarakat Kota Batu,” paparnya.

Lebih dari itu, Sego Empok juga memiliki keseimbangan gizi yang bagus untuk tubuh. Karena itu, lanjut Zadim Festival Sego Empok 2022 ini diharapkan mampu memacu minat masyarakat untuk mencintai dan memakan masakan warisan budaya lokal yang bergizi dan bercitarasa tinggi.

Berita Lainnya:  Pemkot Beri Hibah Rp 1,4 Miliar

“Agar Festival Sego Empok semakin meriah setiap tahunnya. Kedepan festival ini bisa dilombakan antar desa/kelurahan untuk membuat sego empok. Setiap tahunnya peserta akan memperebutkan piala bergilir,” imbuh Zadim.

Dalam festival kali ini, panitia memilih lima sajian sego empok terbaik. Yaitu dari Desa Beji, Desa Pandanrejo, Desa Sumberejo, Desa Sumbergondo dan Desa Junrejo. (eri/nug)

Ikuti Juga Berita Malang Hari Ini dan Info seputar Arema FC, Arema dan Aremania di Youtube dan Tiktok Kami

BERITA LAINNYA