spot_img
Monday, June 17, 2024
spot_img

Psikolog Ingatkan untuk Jaga Kesehatan Mental, Bagaimana Caranya?

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Seluruh lapisan masyarakat diingatkan tentang  pentingnya menjaga kesehatan mental (mental health) bagi siklus kehidupan manusia. Bahkan, kesehatan mental dinilai  merupakan bagian integral dari kesehatan, yang berdasarkan semboyan terkini diyakini bahwa tidak ada kesehatan tanpa kesehatan mental.

Hal ini disampaikan psikolog klinis lulusan Universitas Indonesia Kasandra Putranto  di Jakarta, hari Rabu ini. Ditambahkan, konstitusi Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebelumnya telah menyatakan bahwa kesehatan adalah suatu keadaan sejahtera baik secara fisik, mental dan sosial secara utuh dan bukan sekadar bebas dari suatu penyakit maupun kelemahan.

“Artinya, kesehatan mental lebih dari sekadar gangguan atau kecacatan mental yang diderita oleh seseorang ,” katanya.

Terkait hal ini, ia menjelaskan bahwa kesehatan mental adalah keadaan sejahtera saat seseorang menyadari kemampuannya sendiri, dapat mengatasi tekanan hidup yang normal, dapat bekerja secara produktif dan mampu memberikan kontribusi kepada komunitasnya.

Di mana kondisi kesehatan mental seseorang ditentukan oleh berbagai faktor, antara lain faktor sosial ekonomi seperti pengalaman masa kecil atau kondisi keuangan keluarga, faktor biologis seperti adanya penyakit yang diderita akibat keturunan genetik dan faktor lingkungan.

Nantinya, kesehatan mental seseorang akan mempengaruhi kemampuan kolektif dan individu sebagai manusia untuk berpikir, mengeluarkan emosi, berinteraksi satu sama lain, mencari nafkah, dan menikmati hidup.

“Atas dasar ini, promosi, perlindungan, dan pemulihan kesehatan mental dapat dianggap sebagai perhatian penting bagi individu, komunitas, dan masyarakat di seluruh dunia,” kata Kasandra.

Dalam kesempatan itu, ia turut menambahkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan mental saat ini sudah jauh lebih baik. Hal itu dapat terlihat dari berbagai strategi dan intervensi kesehatan masyarakat dan lintas sektoral yang hemat biaya terus diupayakan semua pihak terkait untuk meningkatkan, melindungi, dan memulihkan kesehatan mental masyarakat.“Kesehatan mental merupakan komponen integral dan penting dari kesehatan,” ujar Kasandra. (ntr/nug)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img