spot_img
Monday, April 15, 2024
spot_img

Puncak Arus Mudik Diprediksi Capai 1.800 Orang/hari

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Cahyo: Semua Maskapai Penerbangan Tambah Ekstra Flight

Malang Posco Media – Puncak arus mudik ke Malang Raya melalui bandara Abd Saleh Malang, diperkirakan bakal terjadi selama empat hari berturut-turut. Tepatnya, mulai Sabtu 6 April hingga Minggu, 9 April 2024.

Dikonfirmasi kondisi di atas Kepala UPT Bandara Abd. Saleh Malang Dishub Jatim, Purwo Cahyo Widyatmoko, membenarkan. Karena itu, kata Cahyo, seluruh persiapan kenyamanan dan keamanan penumpang telah disiapkan secara matang.

‘’Sebenarnya sejak Minggu (31/03) kemarin kenaikan arus kedatangan sudah terasa. Tapi, estimasi kami, puncaknya kedatangan baru akan terjadi mulai akhir pekan ini sampai H-1 Lebaran,’’ tandas Cahyo.

LANCAR: Semua maskapai penerbangan sibuk melayani penumpang yang hendak mudik ke Jakarta, sejak akhir pekan kemarin. (MPM-HARY SANTOSO)

Dikatakan Cahyo, kenaikan penumpang selama arus mudik lebaran melalui bandara Abd. Saleh Malang juga sudah diantisipasi tiga maskapai penerbangan. Mereka, jauh-jauh sudah mengajukan penambahan penerbangan (extra flight).

Masing-masing menambah penerbangan yaitu Batik Air, Citilink Indonesia dan Garuda Indonesia telah menambah satu kali penerbangan. Sehingga total penerbangan dari dan ke Malang bertambah menjadi sembilan kali.

‘’Normalnya sehari ada enam kali penerbangan. Malang – Jakarta dan Jakarta – Malang. Karena ada tambahan tiga kali penerbangan, maka sehari menjadi sembilan kali penerbangan,’’ rinci Cahyo dengan menyebut load factor penumpang per hari 65 persen hingga 70 persen.

Ditanya lonjakan penumpang yang mungkin terjadi, Cahyo menyebutkan, per hari rata-rata penumpang mencapai 1.400 orang. Akibat arus mudik dan balik lebaran 2024 ini diperkirakan ada kenaikan sekitar 15 persen. Atau kurang lebih 1.800 orang per hari.

‘’Semoga semuanya lancar. Kami berharap saudara-saudara kita dan wisatawan yang mengunjungi Malang Raya, saat lebaran, benar-benar merasa nyaman dan kerasan,’’ pungkas Cahyo dengan menyebut, bersama-sama Lanud Abd. Saleh telah didirikan pos pengamanan di pintu gerbang bandara dan loket parkir. (has)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img