MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Hari kedua puncak arus mudik di Stasiun Malang masih cukup tinggi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1446 H. Pada H-2 Lebaran, tercatat sebanyak 7.727 penumpang menggunakan moda transportasi kereta api dari dan menuju Stasiun Malang, Sabtu (29/3).
Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengungkapkan dari jumlah tersebut, 3.729 penumpang berangkat dan 3.998 penumpang tiba di Stasiun Malang. Ia mengatakan, selama sembilan hari digelar, puluhan ribu masyarakat menggunakan jasa KA dari Stasiun Malang untuk mudik baik yang berangkat maupun yang datang.
“Sejak dimulainya masa Angkutan Lebaran pada 21 hingga 29 Maret, Daop 8 telah mengangkut sebanyak 64.567 penumpang, dengan rincian 37.813 penumpang naik dan 26.754 penumpang turun di Stasiun Malang,” bebernya.
Menurutnya, sejumlah tujuan favorit bagi penumpang dari Stasiun Malang adalah Jakarta, Yogyakarta, dan Ketapang Banyuwangi. Dari pantauan Malang Posco Media di lokasi, lonjakan penumpang mulai terlihat sejak pagi hingga siang hari pukul 14.30 WIB.
“Beberapa KA jarak jauh yang paling diminati dari Stasiun Malang adalah KA Tawang Alun (Malang – Ketapang), KA Malioboro Ekspres (Malang – Yogyakarta), KA Jayabaya (Malang – Pasar Senen), dan KA Gajayana (Malang – Gambir),” terang Luqman.
Untuk mengantisipasi kepadatan, PT KAI mengimbau pelanggan agar datang lebih awal untuk menghindari keterlambatan. Selain itu, pelanggan juga disarankan memastikan membawa identitas resmi serta tiket perjalanan untuk memperlancar proses boarding.
“Kami juga menyediakan layanan face recognition di Stasiun Malang, Surabaya Gubeng, dan Surabaya Pasar Turi. Dengan teknologi ini, penumpang bisa melakukan boarding tanpa harus menunjukkan tiket fisik atau identitas,” tambahnya.
Setiap harinya, Stasiun Malang mengoperasikan 13 KA jarak jauh, terdiri dari 11 KA reguler dan 2 KA tambahan, dengan kapasitas 6.614 tempat duduk per hari. “Kami berterima kasih atas kepercayaan masyarakat yang menjadikan kereta api sebagai moda transportasi andalan saat Lebaran. PT KAI berkomitmen memberikan layanan terbaik demi perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan bagi seluruh pelanggan,” tutup Luqman. (rex/aim)