spot_img
Saturday, July 13, 2024
spot_img

Purnawiyata MIN 1 Kota Malang Tahun Ajaran 2023-2024; Imbau Lulusan Tetap Berprestasi dan Berakhlak Mulia

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Malang melepas secara resmi 251 siswa sebagai lulusan Tahun Ajaran 2023-2024. Pelepasan digelar di Hotel Savana dalam acara Purnawiyata Siswa Kelas 6, Selasa (18/6) kemarin. Dihadiri Pejabat Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Timur dan Kantor Kemenag Kota Malang serta orang tua wisudawan.

OPTIMIS: Prosesi Purnawiyata MIN 1 Kota Malang oleh para lulusan Tahun Ajaran 2023-2024.

Kepala MIN 1 Kota Malang Hj. Siti Aisah, S.Ag., M.Pd merasa bangga dengan lulusan tahun ini. Dia mengatakan, segudang prestasi telah dicapai oleh siswa MIN 1 Kota Malang, dan siswa kelas 6 tahun ini termasuk yang banyak menorehkan prestasi tersebut.

TERBAIK: Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Drs. Mufi Imron Rosyadi, M.E.I serta Pejabat Kankemenag Kota Malangdan Kepala MIN 1 Kota Malang Hj. Siti Aisah, S.Ag., M.Pd memberikan
penghargaan kepada Kayla Nabila Altaf yang dinobatkan sebagai siswa teladan.

“Banyak ilmu yang sudah kalian peroleh, dengan bangga kami harus melepasmu, dengan berat hati kami harus berpisah denganmu, dengan bahagia kami akan menantimu. Dengan harap suatu saat kalian akan datang kepada kami membawa prestasi akademik, non akademik, dan tidak kalah penting prestasi karakter dari akhlakul karimah,” ucapnya saat sambutan.

BANGGA: Kepala MIN 1 Kota Malang Hj. Siti Aisah, S.Ag., M.Pd bersama Plh. Kepala Kantor Kemenag Kota Malang Dra. Nurul Istiqomah, M.Pd dan Ketua Komite Prof. Dr. Sri Harini, M.Si dan para wakil kepala madrasah
memberikan penghargaan kepada lulusan berprestasi.

Aisah mengungkapkan, lulusan tahun ini juga berprestasi dalam perolehan nilai sempurna 100 pada Asesmen Madrasah 2024. Termasuk perolehan prestasi non akademik dalam satu tahun terakhir. “Mudah-mudahan prestasi ini akan terus mengikuti anak-anak kelak di tingkat selanjutnya. Jadilah pribadi yang bermanfaat karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain,” pesannya.

Prosesi Peserta Purnawiyata berlangsung khidmat. Kepala MIN 1 Kota Malang Hj. Siti Aisah, S.Ag., M.Pd mengukuhkan lulusan secara bergilir per kelas. Selanjutnya sesi penyerahan kembali para peserta Purnawiyata kepada Ketua POS Paralel, Fay Rahmi Wanita, M.I.Kom.

Sesi dilanjutkan dengan penobatan siswa berprestasi peraih nilai tertinggi asesmen madrasah dan peraih nilai tertinggi nonakademik. Lalu penobatan siswa teladan yang tahun ini diraih oleh Kayla Nabila Altaf. Dia terpilih menjadi siswa teladan setelah melalui penilaian yang objektif dari dewan guru. Kayla dinilai sebagai siswa yang berbakat. Memiliki kemampuan akademik dan non akademik yang bagus. Terutama nilai karakter yang meliputi kepribadian, kepemimpinan dan ketaatan dalam ibadah.

“Terima kasih untuk guru-guru kami. Terimakasih atas kesabaran, ketulusan dan kebesaran hati Panjenengan semua, sehingga kami berada di panggung kelulusan ini,” ucapnya dengan terharu.

Plh. Kepala Kantor Kemenag Kota Malang Dra. Nurul Istiqomah, M.Pd merasa bangga akan prestasi yang dicapai  MIN 1 Kota Malang. Dia menilai prestasi madrasah di Jalan Bandung setiap tahun terus meningkat. Dan itu selaras dengan peningkatan mutu dari pembelajaran yang diterapkan oleh guru.

“Prestasi yang dicapai merupakan hasil kerja keras semua pihak, terutama guru yang tidak pernah lelah berinovasi. Karena bimbingan guru siswa-siswi menjadi anak hebat. Hebat prestasinya dan mulia akhlaknya,” kata Nurul.

Sementara itu, Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Drs. Mufi Imron Rosyadi, M.E.I turut menyampaikan apresiasi. Menurutnya, MIN 1 Kota Malang terbaik di Indonesia bahkan dunia. Siswa-siswi hebat madrasah ibtidaiyah ada disini. Dibimbing oleh guru-guru yang kompeten dan inovatif menjadikan potensi siswa semakin berkembang.

Menurutnya, MIN 1 Kota Malang tidak hanya mencetak siswa berprestasi. Tetapi juga mendidik siswa menjadi pribadi yang berkarakter dan percaya diri. “Dulu mereka (lulusan) saat pertama masuk madrasah masih sering nangis, sekarang sudah tumbuh menjadi anak-anak yang percaya diri dan penuh prestasi,” ungkapnya. (imm/sir/udi)

Nilai Sempurna 100 Assessment Madrasah 2023/2024 MIN 1 Kota Malang

Alquran Hadits 38 siswa

Aqidah Akhlak 72 siswa

Bahasa Arab 15 siswa

PKN 34 siswa

SKI 61 siswa

IPA 3 siswa

Matematika 10 siswa

Bahasa Indonesia 24 siswa

IPS 30 siswa

Bahasa Inggris 40 siswa

Prestasi Siswa Tahun Ajaran 2023/2024

Tingkat Kota Malang 792 prestasi,

Tingkat Provinsi Jawa Timur 147 prestasi

Tingkat Nasional 555 prestasi

Tingkat Internasional 718 prestasi

TOTAL 2213 Prestasi

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img