spot_img
Tuesday, May 28, 2024
spot_img

Qatar Diuntungkan VAR, Indonesia Tertinggal 1-0 di Babak Pertama

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Timnas Indonesia U-23 tampil cukup percaya diri menghadapi Timnas Qatar U-23 pada pertandingan pertama Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Senin (15/4). Sempat mengimbangi, Indonesia akhirnya kebobolan lewat penalti di akhir babak pertama usai Qatar diuntungkan VAR (video assistant referee).

Wasit memutuskan Rizky Ridho melakukan pelanggaran pada Mahdi Salem di kotak penalty usai melihat VAR.  Eksekusi penalti Khaled Ali menit 44 berhasil menjebol gawang Indonesia yang dikawal Ernando Ari Sutaryadi. Indonesia tertinggal 0-1 dari Qatar di babak pertama.

Qatar sudah mengancam sejak menit ke-3. Saif Eldeen Hassan sukses menyambut umpan silang Mostafa Meshaal, namun sundulannya berhasil diamankan kiper Indonesia, Ernando Ari. Tuan rumah kembali mendapat peluang di menit ke-17. Mahdi Salem yang terbebas dari kawalan menemukan ruang kosong di tepi kotak penalti Indonesia, tetapi bola tembakannya mengarah tepat ke pelukan Ernando.

Ahmed Al Rawi juga memperoleh kans di menit ke-29. Lewat serangan balik, ia menerima umpan Jassem Baber, namun eksekusinya melebar jauh dari sasaran. Indonesia berupaya keluar dari tekanan. Lemparan ke dalam Pratama Arhan ke kotak penalti Qatar berhasil disambut Muhammad Ferarri, namun sundulannya mampu diantisipasi kiper Qatar, Youssef Abdullah.

Peluang emas Indonesia terjadi menit ke-38. Rafael Struick melakukan cut-inside usai menerima umpan Ivar Jenner lalu melepaskan tembakan ke sudut kanang gawang, namun bola membentur tiang dan keluar lapangan.

Qatar mendapat penalti di menit 44. Pelanggaran Rizky Ridho terhadap Mahdi Salem di kotak penalti membuat wasit menunjuk titik putih. Khaled Ali yang maju sebagai eksekutor sukses mengecoh Ernando yang salah menebak arah tembakan. Skor 1-0 untuk Qatar bertahan hingga babak pertama usai

Pada babak pertam aini Qatar sebagai tuan rumah menurunkan skuad terbaiknya dengan formasi 4-4-2. Duet striker Khaled Ali Binsabaa dan Ahme Alrawi diandalkan untuk mendulang gol. Empat bek dipimpin Mohamed Emad Aiash yang ditunjuk pelatih Ilidio Fernando Vale sebagai kapten tim.

Sementara Indonesia asuhan Shin Tae-yong memakai formasi 5-3-2. Ernando Ari Sutaryadi dipasang di bawah mistar dengan dibentengi Muhammad Ferrari, Komang Teguh, Rizky Ridho, Ilham Rio, dan Pratama Arhan.

Di lini tengah Ivar Jenner dan Marselino Ferdinan jadi andalan untuk meredam serangan Qatar. Ada juga Arkhan Fikri untuk melengkapi tiga gelandang. Duet penyerang dipercayakan kepada Witan Sulaemen dan Rafael Struick. Di bangku cadangan, ada Hokky Caraka, Ramadhan Sananta, dan Jeam Kelly Sroyer sebagai pelapis. (bua)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img