spot_img
Saturday, June 22, 2024
spot_img

Qualcom Rilis Snapdragon X Plus, Didukung Berbagai Kecanggihan AI

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Inilah  pengumuman terbaru dari perusahaan teknologi Qualcomm. Yakni  secara resmi merilis chip terbaru mereka bernama Snapdragon X Plus untuk berperforma di laptop-laptop dengan dukungan kecanggihan artificial intelligence (AI).

Bisa dibilang Snapdragon X Plus menjadi adik dari Snapdragon X Elite dengan menampilkan CPU Oryon 10-core dengan clock hingga 3,4 GHz dan RAM hingga 64 GB serta bandwidth 135 GB/s. Chip ini juga memiliki 45 TOPS NPU, yang oleh Qualcomm disebut sebagai NPU tercepat di dunia untuk laptop.

“Snapdragon X Plus akan mendukung PC AI-Supercharged yang memungkinkan lebih banyak pengguna untuk unggul seiring munculnya pengalaman AI baru yang radikal dalam periode perkembangan dan penerapan yang pesat ini,” kata SVP and General Manager of Compute and Gaming Qualcomm Technologies, Inc Kedar Kondap dalam keterangan resminya dikutip, Kamis.

Lebih lanjut Snapdragon X Plus untuk laptop itu digadang-gadang menghadirkan performa CPU, kemampuan AI, dan efisiensi daya terdepan. Qualcomm menyebutnya sebagai produk inovasi yang mendorong batasan dari apa yang mungkin dilakukan pada komputasi seluler.

Beberapa fitur yang diunggulkan dengan kehadiran 45 TOPS NPU pada chip tersebut di antaranya pembuatan kode dalam Visual Studio Code dari Codegen, pembuatan musik di aplikasi Audacity, hingga pembuatan teks secara langsung di aplikasi OBS Studio.

Untuk fitur pertama itu artinya platform membantu pengguna khususnya programmer untuk menghasilkan kode baru secara instan dengan AI yang hadir di gawainya.

Lalu untuk fitur kedua, pengguna dapat menikmati kemampuan AI mengubah kata-kata menjadi musik dan menciptakan musik baru atau menyiapkan awalnya yang baru untuk bermusik.Sementara untuk fitur ketiga, pengguna laptop yang ditenagai Snapdragon X Plus dapat mendapatkan akses ke terjemahan otomatis dari 100 bahasa lisan menjadi teks langsung menggunakan Whisper di perangkat dan hal itu berlangsung secara real-time selama pengguna melakukan streaming di perangkat.Dijelaskan bahwa laptop yang ditenagai Snapdragon X Plus mungkin dirilis pada pertengahan 2024. (ntr/nug)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img