spot_img
spot_img
Sunday, April 14, 2024
spot_img
spot_img

Ramadan Ceria UMM; Sahur Bersama Komunitas Difabel

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Ramadan Ceria Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kali ini bersama para difabel. Pekan lalu, UMM bersama tim dari Kapal Garden Hotel menyambangi dan mengajak sahur para difabel dari Gerakan Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (Gerkatin).

Dalam kesempatan tersebut, UMM menyediakan games-games menarik. Ditampilkan oleh kebencanaan dari mahasiswa relawan siaga bencana (Maharesigana) UMM, hingga pembuatan konten bersama.

Ketua Komunitas Tuli Mendongeng & Gerkatin Kota Malang Muhammad Hasanuddin, S.Par. merasa senang karena sudah dikunjungi dan diperhatikan oleh Kampus UMM. Ia juga mengapresiasi materi tentang kebencanaan yang diberikan. Karena selama ini para difabel juga tidak mengerti cara bersikap saat terjadi bencana, misalnya gempa bumi.

Dia sendiri juga kesulitan untuk memberi tahu difabel untuk segera mencari tempat aman jika gempa terjadi. Maka, kehadiran UMM memberikan wawasan baru yang bermanfaat.

“Kami juga akhirnya tahu bahwa sangat penting untuk menyepakati titik kumpul ketika bencana terjadi. Sehingga teman-teman (Difabel) juga bisa langsung bergerak tanpa kebingungan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Hasanuddin juga senang melihat para difabel antusias mengikuti berbagai permainan asyik dari UMM. Ia berharap agar silaturahmi yang dibangun bisa terus terjalin. Tidak hanya berhenti di sahur bersama saja, tapi juga dengan berbagai kegiatan lain.

Di sisi lain, Koordinator dari UMM Silvia Ramadhani mengatakan bahwa Ramadan Ceria melalui sahur bersama sudah terlaksana sejak awal Ramadan di beberapa titik di Malang. Kegiatan ini juga akan terus dilaksanakan sampai bulan suci berakhir. “Kemarin kami sudah berkunjung dan sahur bersama warga Kampung Warna Warni Jodipan, berkolaborasi dengan seniman jalanan dan berbuka di daerah Blimbing, dan lainnya. Semoga hal ini bisa memberikan manfaat dan juga menjadi syiar ke masyarakat luas,” tambahnya.

Selain itu, ada sederet menu yang juga disajikan oleh Hotel Kapal Garden UMM dalam kegiatan itu. Mulai dari kari ayam, sayuran, lauk-pauk, dan lainnya. Begitupun dengan games dan sesi cerita menarik dengan bahasa isyarat.

Adapun kegiatan ini juga sejalan dengan penjelasan Rektor UMM Prof. Dr. Nazaruddin Malik, M.Si yang menekankan pada kesalehan sosial dan kesalehan lingkungan. Yakni bagaimana seseorang bisa memaksimalkan potensi untuk berbagi dan menebar manfaat ke sesama. (imm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img