spot_img
Thursday, June 20, 2024
spot_img

Rangkul Anak Muda Lestarikan Olahraga Tradisional

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Rangkaian Malang Creativa #2 digelar, Sabtu (13/5) kemarin. Sebagian Jalan Tugu depan Balai Kota dilakukan penutupan. Area itu digunakan untuk perlombaan olahraga tradisional sebagai kegiatan pembuka.

Ratusan orang berkumpul di area tersebut. Beragam jenis lomba, membuat suasana menjadi makin meriah. Misalnya lomba gobak sodor. Para peserta dibuat makin tegang ketika para penonton saling berteriak dengan heboh.

Tidak kalah heboh ketika perlombaan terompah panjang. Dengan teriakan semangat yang serempak, para peserta beradu cepat berjalan dengan ‘bakiak’ yang panjang. Para penonton pun begitu terhibur. Apalagi ketika peserta ternyata justru terjatuh ketika terburu buru berjalan.

“Ini memang digelar dalam rangka untuk memeriahkan HUT ke-109 Kota Malang. Olahraga tradisional ini sengaja dipilih karena untuk melestarikan kearifan lokal yang kita miliki,” terang Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Malang Baihaqi, sebagai penyelenggara kegiatan tersebut.

Untuk lomba egrang ada 14 tim yang berlomba. Sementara untuk lomba gobak sodor ada 12 tim dan untuk terompah panjang ada sebanyak 16 tim. Peserta lomba ini, tidak hanya dari perangkat daerah saja. Namun juga banyak dari masyarakat luas hingga atlet. Sampai saat ini suasana di depan area Balai Kota Malang cukup ramai.

“Kita sengaja adakan olahraga tradisional. Kita ambil jenis olahraga yang simpel dan tidak membutuhkan alat yang ribet. Selain itu kita ingin mengetahui kesiapan atlet yang akan tampil di FORDA (Festival Olahraga Rekreasi Daerah) yang akan digelar di Kota Malang,” terangnya.

Di sisi lain, di sekitaran area samping Balai Kota Malang juga telah siap beberapa stand bakso sebagai bagian dari Festival Bakso. Nantinya juga makin meriah karena dijadwalkan bakal ada pawai tumpeng yang akan mengkirab sedikitnya 1.900 tumpeng. (ian/aim/mpm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img