spot_img
Sunday, March 3, 2024
spot_img

Rangkul Semua Kalangan, Orbitkan Petinju Juga Aktif Bina Bola

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Mengenang Mantan Wali Kota Batu H Eddy Rumpoko (1)

BERPULANGNYA mantan Wali Kota Batu H Eddy Rumpoko di RS Karyadi Semarang, Kamis (30/11),  menyisakan duka mendalam bagi berbagai lapisan dan kalangan masyarakat. Kebaikan dan karyanya selalu dikenang.

MALANG POSCO MEDIA-Hingga Jumat (1/12) kemarin, ratusan pelayat  dari berbagai daerah terus berdatangan di rumah duka Jalan Trunojoyo 13 Kota Batu. Mereka menyampaikan duka cita atas wafatnya putra sulung mantan Wali Kota Malang dan Wakil Gubernur Irian Jaya (sekarang Papua,red) Brigjen (Purn) Sugiyono almarhum.

Sugiyono yang akrab disapa  Ebes, memang “menempa’’  Eddy Rumpoko     sejak remaja  menjadi pemuda  yang  kreatif dan  aktif dalam berbagai organisasi. Dikemudian hari  sangat penting baginya  dalam bermasyarakat dan ketika terjun dalam dunia politik.

Persis sang ayah, maka Sam ER, sapaan akrab pria kelahiran Manado 8 Agustus 1960 ini  juga  sangat gemar membina olahraga. Di antaranya mendirikan sasana tinju Javanoea dan  menjadi promotor internasional yang sukses mengorbitkan   sejumlah petinju dari Malang menjadi juara  nasional bahkan internasional pada dekade 1980-an silam. Termasuk H.M.Nurhuda  yang pernah menyandang gelar juara Indonesia kelas bantam dan bulu yunior, serta mantan  juara WBC Junior dan IBF Intercontintental kelas bulu yunior. Serta masih sederet petinju lain pernah dibinanya dan mengenang almarhum sebagai sosok yang rendah hati, baik dan sangat perhatian.

Mengibarkan  bendera Javanoea,  singkatan dari Java karena ayahnya berasal dari Jawa dan  sang ibu Ny Egnie Rumambi dari Kawanua, Sam  ER juga aktif menggelar berbagai event otomotif dan musik berskala nasional di  Bumi Arema.  Pencarian sponsor dan lain-lain dilakukan  bersama para sahabatnya secara mandiri. Sama sekali tidak pernah memanfaatkan posisinya sebagai anak pejabat. Begitu pula ketika  berjuang  saat merintis karirnya sebagai pengusaha muda. Sam ER juga dikenang sebagai sosok yang  mempunyai andil tersendiri dalam perjalanan  Arema, yang merupakan klub sepakbola kebanggaan arek Malang.  Pria jangkung yang  sederhana dalam ucapan ini  selalu sigap segera turun tangan membantu jika klub berlogo kepala singa itu  mengalami kesulitan keuangan.  Penggemar motor trail ini sejak remaja memang bersahabat dengan salah satu pendiri klub Arema  Ir.Lucky Acub Zainal almarhum (putra mantan Gubernur Irian Jaya Mayjen (Purn) H. Acub Zainal (almarhum). Mereka  berdua  melanjutkan pertemanan  karib ayah mereka,  sampai sekarang  dijuluki sebagai dua sahabat  yang  tetap melegenda bagi warga Malang.

‘’Sebagai arek Malang, saya ingin Arema selalu eksis dan berprestasi tinggi. Tidak saja dalam skala nasional tapi  internasional.   Sehingga  Arema tetap menjadi kebanggaan arek-arek Malang   hingga akhir zaman. Jangan setiap tahun sering dilanda krisis keuangan,’’ tegas Sam ER,  yang   pernah menjabat  Ketua PSSI Kota Batu dan sejak  tahun 2011  didapuk sebagai  Ketua Dewan Pembina  Yayasan Arema dalam berbagai kesempatan.

Selain dalam bidang olahraga,  suami  Hj  Dra  Dewanti Rumpoko M.Si  ini juga aktif dalam berbagai organisasi pemuda dan kemasyarakatan di tingkat regional maupun nasional. Ia  dengan rendah hati selalu luwes bergaul  dengan semua lapisan dan kalangan masyarakat. Termasuk insan pers dari berbagai daerah.  Semua tamu diperlakukan sama. Tidak pernah dibeda-bedakan strata sosial  maupun urusannya. Ciri khasnya,  setiap tamu  wajib menikmati  sajian makan terlebih dulu. Persis yang dulu selalu dilakukan Ebes Sugiyono.

Sederet pengalaman berorganisasi dan luasnya pergaulan dalam bidang  kemasyarakatan,  akhirnya menjadi kunci bagi Sam ER untuk  dua kali  sukses memenangkan Pilkada Kota Batu  yaitu pada  tahun 2007 dan 2012. Selama 10 tahun memimpin Kota Wisata Batu (KWB)  yaitu dari tahun 2007 hingga 2017, berperan sangat penting dalam menjadikan sebuah kota   kecil dengan tiga kecamatan  berubah menjadi barometer pariwisata tingkat nasional bahkan internasional.   Ayah tiga anak  yaitu Dinasty Rumpoko, Ganisa Pratiwi Rumpoko dan Raras Rumpoko ini  selalu  memberdayakan seluruh lapisan warga. Mereka juga secara aktif diajak diskusi sesuai disiplin ilmu dan pengalamannya. Sehingga  masyarakat luas secara  aktif  turut terlibat dalam pembangunan  di KWB.

‘’Karya  dan prestasi Bapak Eddy Rumpoko selama dua periode menjabat Wali Kota Batu bisa   dilihat dan dinikmati oleh masyarakat luas.  Beliau  merupakan sosok yang rendah hati, kreatif dan penuh inovasi memajukan Kota Wisata Batu,’’ kenang Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai  usai salat jenazah di Masjid Sugiyono sebelum pemakaman di TMP Suropati Batu.

Para sahabat Sam ER    mengenang almarhum yang sederhana dalam ucapan dan hebat dalam tindakan  ini sebagai  sosok bapak, guru dan sahabat terbaik.  Lantunan doa juga terus dipanjatkan oleh keluarga, kerabat dan para sahabat. Selamat jalan Sahabatku. Karyamu abadi. Jasamu takkan terganti. Sesungguhnya engkau adalah milik Allah semata dan hanya kepada Allah akan kembali. Semoga diampuni semua kesalahanmu.  Engkau akan selalu ada di hati dan doa  kami mengiringi perjalananmu kepada Sang Khalik. (nugroho/van/bersambung)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img