spot_img
spot_img

Roca Pernah Persebaya, Waspada Pemain Muda

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Arema FC siap sajikan pertandingan terbaik hadapi Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10) akhir pekan depan. Selain adu taktik, semangat jiwa Singo Edan dengan pelatih Javier Roca akan ditunjukkan kala menjamu Bajul Ijo di bawah asuhan Aji Santoso.

Javier Roca mengatakan bahwa Persebaya adalah tim yang cukup bagus. Mengingat di musim sebelumnya, Persebaya dengan pelatih Aji Santoso terkenal dengan permainan taktik yang bagus untuk menembus garis pertahanan lawan.

Namun, beberapa kekurangan saat menyusun pertahanan usai menyerang kerap dimanfaatkan lawan. Tetapi menurut Roca, itu belum bisa menjadi angin segar bagi Arema FC, apabila tidak bisa memanfaatkan momen tersebut.

“Saya rasa Coach Aji merupakan sosok yang pengalaman sebagai pemain dan pelatih. Serta menjadi panutan sebagai sosok pelatih lokal. Kami berdua juga pernah membela klub lawan, saya di Persebaya (2008-2009) dan Coach Aji di Arema. Jadi tentu kami sudah sedikit mengetahui gambaran pola permainan dan mental dari masing-masing lawan kami sekarang,” jelas Roca.

Meskipun sudah sedikit memiliki gambaran dari masing-masing tim lawan, ia mengatakan bahwa saat ini kondisi sudah berbeda. Apalagi sejak musim lalu, Persebaya Surabaya sudah diperkuat oleh pemain-pemain berusia muda yang cukup bagus.

Berita Lainnya:  Aremania Jodipan, Mergosono dan Kotalama, Long March dan Blokade Flyover Tuntut Keadilan

“Tapi sebagai tim Arema FC tentu kami tidak kalah semangat. Bahkan masuk Arema itu sudah jelas semangatnya luar biasa. Tentu tujuan kami, pertandingan nanti berjalan lancar. Serta bisa menampilkan pertandingan yang terbaik dan menarik,” ungkapnya.

Ia mengaku memang pertandingan melawan Persebaya adalah pertandingan yang krusial. Karena dirinya tidak ingin kecolongan lagi, setelah kehilangan tiga poin di pertandingan perdananya saat menukangi Arema FC melawan Persib Bandung saat itu. Roca mengatakan bahwa memang di setiap pertandingan adalah tantangan. Baik tantangan baginya sebagai pelatih, maupun seluruh punggawa Arema FC.

“Selain itu, tantangan terbesar itu pertama apa yang sudah dilatih bisa dibawa saat pertandingan. Dan tantangan keduanya adalah, harus meraih hasil yang terbaik yakni dengan kemenangan,” lanjut pelatih berkebangsaan Chile itu.

Untuk bisa meraih hasil maksimal inilah, Roca kemudian membuat beberapa program latihan. Khususnya, setelah evaluasi dari hasil pertandingan melawan Persib Bandung dan Persik Kediri.  “Kalau secara mental, para pemain Arema FC sudah sangat bagus. Untuk latihan fisik dalam pertandingan, ini yang perlu kami perbaiki dan tingkatkan. Dengan waktu latihan yang tidak terlalu panjang, tetapi dengan intensitas latihan  yang cukup tinggi,” tandasnya.

Berita Lainnya:  Tetap Kencang Usut Tuntas!

Sementara gelandang Arema FC, Evan Dimas Darmono mengatakan bahwa pemain muda di tubuh Bajul Ijo wajib diwaspadai. Dengan beberapa cuplikan pertandingan dari masing-masing pemain lawan, menjadi bekal para pemain Arema FC untuk bisa membendung serangan yang dibangun. “Secara komposisi pemain muda Persebaya ini, harus diwaspadai. Karena selain bagus semangatnya juga menjadi hal yang tidak boleh disepelekan,” lanjutnya.

Evan Dimas mengaku optimis bahwa Arema FC bisa mengunci permainan lawan, dan mengantongi poin penuh di kandang sendiri. Saat ini secara semangat dan pola permainan, dirinya mengaku bahwa Arema FC bisa unggul dari Persebaya.  “Kalau dilihat dari kondisi pemain Arema, saya rasa bisa memenangkan pertandingan. Apalagi semangat latihan dan daya juang dari rekan-rekan ini tidak kalah dari tim lawan,” lanjutnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh striker Arema FC, Dedik Setiawan. Dirinya mengatakan bahwa punggawa Singo Edan pasti bisa menandingi semangat pemain muda dari Persebaya.

“Memang semangat pemain mudanya ini yang harus diwaspadai. Tetapi, tim Arema juga tidak kalah semangat. Dan kami yakin bisa dapat poin penuh melawan Persebaya Surabaya,” tandasnya. (rex/bua)



BERITA LAINNYA