MALANG POSCO MEDIA, MALANG – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui Rumah BUMN Malang terus memperkuat komitmennya dalam mendorong transformasi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar semakin adaptif di era digital. Bekerja sama dengan platform marketplace ternama, Rumah BUMN Malang menggelar pelatihan pengembangan usaha berbasis digital pada 5-6 Mei 2025.
Sebanyak 160 pelaku UMKM binaan BRI Group (BRI, PNM, dan Pegadaian) mengikuti pelatihan ini. Kegiatan ini merupakan bagian dari peran strategis Rumah BUMN sebagai wadah pengembangan UMKM, basecamp millenial, co-working space, pusat informasi tanggap bencana, serta program kemitraan berkelanjutan.
CEO Rumah BUMN Malang, Gita Ayu Puspita Sari, menegaskan bahwa digitalisasi merupakan langkah penting untuk meningkatkan daya saing pelaku usaha di tengah pesatnya perubahan teknologi dan perilaku konsumen.
“Kami ingin UMKM binaan mampu menjangkau pasar yang lebih luas melalui kanal digital. Kolaborasi dengan marketplace ini memberikan panduan langsung dan akses yang konkret agar mereka bisa segera praktik menjual produknya secara online,” ujar Gita.
Materi pelatihan mencakup strategi pemasaran digital, pembuatan konten produk yang menarik, serta pengelolaan toko online secara profesional. Dengan pendekatan praktikal, peserta didorong untuk langsung mengimplementasikan ilmu yang diperoleh.
Salah satu peserta, Aldian Giovano, pemilik CV Jinawi Natural yang memproduksi produk perawatan kulit dan tubuh berbahan alami, menyampaikan apresiasinya terhadap pelatihan ini.
“Saya sampaikan terima kasih kepada Rumah BUMN BRI, atas ilmu yang diberikan mengenai marketplace kepada kami para UMKM. Semoga di pelatihan-pelatihan berikutnya, kami bisa diundang lagi serta diberikan kesempatan untuk dibantu mempromosikan produk kami,” ungkap Aldian.
Para peserta berasal dari beragam sektor usaha, mulai dari fesyen, kerajinan tangan, hingga produk rumah tangga. Program ini menjadi bagian dari komitmen BRI Group melalui Rumah BUMN untuk memberikan akses terhadap teknologi e-commerce, sekaligus meningkatkan kapasitas pelaku usaha secara menyeluruh.
Dengan pendekatan menyeluruh dari sisi pembiayaan hingga pengembangan kapasitas dan akses pasar, Rumah BUMN terus mendorong pelaku UMKM untuk naik kelas dan tumbuh berkelanjutan melalui digitalisasi. (nda/aim)