spot_img
Monday, February 26, 2024
spot_img

Saling Buntuti, Strategi Efektif untuk Kemenangan

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Ganjar Pulang, Prabowo dan Anak Jokowi Datang ke Malang Hari ini

MALANG POSCO MEDIA-Strategi politik “membuntuti” pasangan calon  untuk berkampanye lainnya terlihat di Kota Malang. Calon Presiden Prabowo Subianto dan Putra Presiden Jokowi Kaesang Pangarep dijadwalkan kampanye di Kota Malang, Kamis (1/2) hari ini setelah sehari sebelumnya Capres Ganjar Pranowo kampanye di lapangan Kedungkandang.

Analis Politik Universitas Muhammdiyah Malang (UMM) Prof Dr Wahyudi MSi mengungkapkan strategi ini bisa meningkatkan elektabilitas. Terutama jika dilakukan di Kota Malang atau wilayah Malang Raya pada umumnya.

“Pertama jika muncul opini strategi ngintili publik pasti tidak banyak berpikir ke situ. Dan belum tahu benar apa tidak. Tapi memang secara fakta publik bisa menduga seperti itu. Tapi itu memang kurang lebih efektif untuk menekan atau menahan electoral Paslon 3,” tutur Wahyudi menanggapi maraton kampanye dilakukan Capres 03 dan 02 di Kota  Malang dua hari terakhir ini.

Jika strategi itu dilakukan maka Wahyudi meyakini peningkatan elektabilitas Paslon 03 yang sebelumnya melakukan kampanye bisa tertahan.

Itu dikarenakan konstituen biasanya akan mendapat penjelasan atau informasi “antitesa”. Antitesa bisa menjadi bahan perbandingan antar paslon agar warga bisa menimbang dan memilih dengan lebih rasional. Kota Malang, dikatakannya dengan penduduk yang well-educated akan lebih cenderung mempertimbangkan banyak hal untuk memilih.

“Memang efektif. Sebagai antitesa atas informasi yang telah disampaikan dalam kampanye sebelumnya. Maka warga bisa mendapat penjelasan lain berkaitan dengan visi misi dan lainnya,” tegas Guru Besar FISIP UMM itu.

Ditambahkannya, Kota Malang sebagai bagian dari wilayah batle of war (medan pertempuran) semestinya merupakan lokasi yang wajib dikunjungi calon presiden.

Dikarenakan resonansinya akan memberikan dampak yang kuat ke daerah lain. Ini juga berlaku di wilayah Kabupaten Malang dan Kota Batu atau Malang Raya.

Berkaitan dengan isu keluarga Jokowi yang “bergerilya” di daerah-daerah sebagai pendukung Paslon 02, juga menjadi perhatiannya. Terutama tentang pengaruh Jokowi sendiri dalam elektabilitas paslon yang berafiliasi dengan keluarga Jokowi.

“Bagi masyarakat yang dapat mengikuti berita fakta tentang perilaku politik, khususnya yang terkait  hubungannya dengan Ibu Megawati secara utuh, pasti tidak lagi suka pada Jokowi. Tetapi Bagi masyarakat yang tidak mengetahui secara utuh, saya kira masih tetap akan tegak lurus pada pilihan politik Jokowi,” urai Wahyudi menjelaskan pengaruh Jokowi dalam kontestasi Pilpres 2024 ini.

Menurut Wahyudi untuk Malang Raya keunggulan paslon masih didominasi capres nomor urut 2.

“Menurut pandangan saya kira-kira urutannya tetap 02, 03, dan 01,” tegas Wahyudi.

Lebih lanjut Wahyudi mengatakan jika waktu kampanye masih panjang maka rakyat lama kelamaan juga akan lebih percaya pada apa yang disampaikan oleh tokoh tokoh pro demokrasi lainnya.

Ia mencontohkan tokoh-tokoh politik seperti Jusuf Kalla, Ikrar Nusa Bhakti, Eep Syaifullah, FX Rudyatmo, Butet Kartarajasa, Andy Wijayanto, dan lain-lain. Atau  tokoh-tokoh politik lainnya  yang bisa memberi warna pandangan lebih beragam.

Sementara itu rencana Kaesang Pangarep hadir di Kota Malang dipastikan Ketua DPD PSI Kota Malang Achmad Faried. “Ia betul fiks hadir,” papar Faried.

Ia menjelaskan Kaesang datang di hari yang sama dengan elite politik Demokrat dan tim pemenangan Paslon Nomor Urut 2 yang menghadirkan Capres 02  Prabowo Subianto hari ini. Kaesang diagendakan berkegiatan di GOR Ken Arok pukul 07.00 WIB. Menghadirkan pula hiburan-hiburan musik dan budaya.

Pada siang harinya sekitar pukul 13.00 WIB, Kampanye Terbuka di Stadion Gajayana dihadiri Prabowo didampingi SBY dan AHY juga akan digelar.(ica/van)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img