MALANG POSCO MEDIA – Pelayanan terbaik memang kewajiban utama ASN dan lembaga publik. Termasuk perusahaan umum daerah. Apalagi perusahaan daerah yang bergerak dalam penyediaan air minum. Seperti Perumda Tugu Tirta Kota Malang.
Karena itu, program baru SAPA WARGA (Siap Akomodir Keluhan Pelanggan Secara Maksimal) yang dilaunching Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat dalam gelaran Fun Walk Sinergi Mbois yang digelar Perumda Tugu Tirta di Balai Kota Malang, Minggu (4/8) kemarin adalah harapan baru dari Direksi baru untuk masyarakat Kota Malang.
Harapan dan targetnya, dengan program baru SAPA WARGA, segala persoalan yang terkait dengan pelayanan air minum di Kota Malang bisa terselesaikan dengan cepat dan menyenangkan. Termasuk hal-hal yang selama ini menjadi keluhan-keluhan pelanggan Perumda Tugu Tirta.
Dengan Direksi baru, hubungan antara Perumda Tugu Tirta dengan pelanggan juga semakin baik dan harmonis. Dengan program baru SAPA WARGA, jarak yang ada selama ini bisa didekatkan. Sehingga tidak ada persoalan yang tidak bisa diselesaikan.
Dengan komunikasi yang baik, dengan silaturahmi yang digelar setiap bulan, maka akan semakin membuat pelanggan diperhatikan dan dimanjakan. Begitu juga Direksi baru makin dekat dengan pelanggan sehingga selalu memprioritaskan pelayanan terbaik.
Sejatinya pelanggan adalah raja. Dan jajaran direksi serta manajemen Perumda Tugu Tirta adalah pihak yang melayani. Karena itu, antara pelanggan dan Perumda, tidak boleh ada sikap yang arogan. Semua pihak harus luwes dan saling memahami posisi masing-masing. Komunikasi tak boleh kaku.
Kalau Direksi baru sudah mau menyapa warga, sudah mau berkomunikasi dengan baik, sudah mau mendengar keluhan dan persoalan-persoalan yang terjadi di pelanggan, maka bisa dipastikan Direksi baru akan mendapat apresiasi positif dari pelanggan setia. Masyarakat umum akan menilai pelayanan Perumda Tugu Tirta semakin baik.
Bila citra ini berhasil dibentuk, maka Direksi baru dan jajaran manajemen Perumda Tugu Tirta pun tak akan kesulitan mendapatkan pelanggan baru. Tentu ini akan sangat positif bagi performa perusahaan ke depannya. Tak hanya mampu meningkatkan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Tapi juga mampu mendongkrak jumlah pelanggan baru.
Bila pelanggan terlayani dengan baik, dan jumlah pelanggan baru meningkat, maka dipastikan pendapatan Perumda Tugu Tirta pun akan naik. SAPA WARGA program positif. Maka eksekusinya harus mbois sehingga efeknya luar biasa.(*)