spot_img
spot_img

Selamat! Ini Lima Menteri Peraih Korpri Award 2022

Malang Posco Media –Upacara Peringatan HUT ke-51 Korps Profesi ASN Republik Indonesia (Korpri) pada Selasa (29/11) yang diselenggarakan secara daring dan luring di Istora Senayan, Jakarta mengangkat tema “Korpri Melayani, Berkontribusi dan Berinovasi Untuk Negeri.”

“Tema ini menyiratkan Korpri ingin memberikan pelayanan publik yang lebih menarik, atraktif, kreatif untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat,” kata Ketum Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN) dalam sambutan laporannya di hadapan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang mewakili Presiden Joko Widodo yang berhalangan datang.

Ketum Korpri Nasional, Zudan tak lupa menyapa para sekretaris kementerian/lembaga, para gubernur, bupati/walikota dan pejabat utama pemda provinsi, serta para Pengurus Korpri tingkat pusat hingga daerah, dan juga para Pengurus Korpri kementerian/lembaga, termasuk para ASN anggota Korpri yang hadir. Serts para menteri Kabinet Indonesi Maju, diantaranya Menko Bidang PMK Muhadjir Effendy, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Wamen Kementerian KLHK.

DPKN dalam memperingati hari Korpri setiap tahunnya selalu memberikan Korpri Award dalam beberapa kategori, yaitu Lifetime Achievement, kategori Mitra Korpri, Perseorangan dan Kepengurusan yang dinilai banyak prestasi dan berkinerja bagus.

Dalam penghargaan Korpri kali ini kategori Lifetime Achievement, Korpri Award diberikan kepada Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhajir Effendy, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Berita Lainnya:  MCC Dinilai Tak Ramah Pekerja Startup

Kategori Mitra Korpri diberikan kepada Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, dan Komisioner Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) Adi Setianto.

Untuk kategori Perseorangan, penghargaan jatuh kepada mantan Wakil Ketua DPKN Periode 2009-2015 Eko Sutrisno, Sekda Provinsi Bangka Belitung Naziarto, Ketua LKBH Korpri Kalbar RS Kamso, dan ASN dari Kemenko PMK Achmad Budi Santoso.

Dan untuk kategori Kepengurusan, Korpri Award diberikan kepada Ketua DP Korpri Kemensos Harry Hikmat, Ketua DP Korpri Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali, Ketua DP Korpri Kabupaten Sleman Hardo Kiswoyo.

Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Korpri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, Kemensos merupakan institusi luar biasa yang langsung mendapatkan dua penghargaan sekaligus.

Pertama, lanjut Zudan, Mensos Risma mendapatkan penghargaan lifetime achievement atau penghargaan seumur hidup. Penghargaan yang diberikan kepada ASN yang terus berkarya dalam seluruh hidupnya dengan prestasi tinggi, konsisten, berintegritas, dan daya juang tinggi yang layak dijadikan inspirasi oleh generasi muda ASN. Dari ASN sampai kemudian sukses bertransformasi ke dalam karir politik.

“Beliau diketahui pernah menjadi ASN hingga tingkat eselon II. Kemudian masuk ke dunia politik sebagai wali kota dan berhasil. Kini, menjadi Mensos dan dinilai juga berhasil. Jadi, ini begitu menginspirasi para ASN,” ujar Zudan dalam keterangan pers, Rabu (30/11/2022).

Berita Lainnya:  Api Ludeskan Warung PKL

Tak hanya itu, Zudan menambahkan, Presiden Jokowi juga memberikan ruang kepada para ASN yang telah menduduki posisi menteri.

“Sebanyak delapan ASN kini kariernya menjadi menteri, mulai dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, Mensos Tri Rismaharini, dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani.”

“Kemudian ada Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Menteri LHK) Siti Nurbaya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Basuki Hadimuljono,” kata Zudan.

Menurut Zudan, sejak lima tahun lalu, Korpri Kemensos sudah aktif dalam memberikan bantuan sosial, bergerak aktif untuk disabilitas, menyerahkan bantuan ke panti, dan aktif secara internal.

“Satu yang akan kami dorong adalah Korpri Kemensos bisa menggerakkan persemayaman para ASN. Jadi, kalau ada ASN Kemensos dan keluarganya yang meninggal dunia bisa turun membantu pada upacara pemakamannya,” ucap Zudan.
(mg7/jon)

Ikuti Juga Berita Malang Hari Ini dan Info seputar Arema FC, Arema dan Aremania di Youtube dan Tiktok Kami

BERITA LAINNYA