spot_img
Monday, June 17, 2024
spot_img

Semangat Hari Kebangkitan Nasional, Pj. Wali Kota Malang Ajak Masyarakat Dukung Indonesia Emas 2045

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Pemkot Malang memberi apresiasi bagi pihak-pihak yang melakukan pengentasan stunting di Kota Malang. Penghargaan itu secara khusus diberikan kepada tiga kecamatan, tiga Kelurahan, dan tiga Puskemas di Kota Malang yang dianggap melakukan upaya terbaiknya setahun terakhir dalam pengentasan stunting.

Hal ini menjadi momen yang tepat diberikan saat peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 di Balai Kota Malang, Senin (20/5) kemarin. Pj Wali Kota Malang Dr. Ir Wahyu Hidayat, MM. menyampaikan kebangkitan tahun ini dimaknai sebagai upaya menciptakan generasi Indonesia Emas.

“Terlebih tema Harkitnas tahun ini adalah ‘Bangkit Untuk Indonesia Emas 2045’ ini menjadi momen kami Kota Malang untuk memberikan percepatan pembangunan. Membangun generasi yang terbaik, terlebih saat ini Indonesia memiliki bonus demografi,” tegas Wahyu.

Di Kota Malang, kasus stunting menjadi perhatian. Dalam beberapa tahun terakhir angka stunting di Kota Malang terus menurun. Saat ini  angka stunting di Kota Malang sebesar 17,3 persen berdasarkan SKI (Survei Kesehatan Indonesia). Sedangkan berdasarkan laporan E-PGGBM bulan Februari 2024 cut off per tanggal 17 maret 2024. menunjukan penurunan dibanding tahun 2023, yang semula 8,68 persen menjadi 8,38 persen.

Menurut Wahyu, upaya penurunan angka stunting di Kota Malang harus ditangani secara kolaboratif dan lintas sektoral. Karenanya, ia juga mengapresiasi seluruh perangkat daerah yang turut serta dalam upaya bersama ini.

“Saya juga apresiasi seluruh kelurahan, kecamatan, maupun puskesmas atas berbagai inovasi untuk menurunkan stunting yang telah dilakukan. Karena keberhasilan dalam menurunkan stunting ini tidak bisa dilakukan sendiri, namun membutuhkan upaya kolaboratif dari berbagai perangkat daerah bahkan elemen masyarakat juga,” terangnya.

Penerima penghargaan “Pencegahan Stunting Terbaik” tingkat kecamatan, yakni Kecamatan Klojen, Kecamatan Sukun dan Kecamatan Lowokwaru. Dari tingkat kelurahan yang menerima di antaranya Kelurahan Rampal Celaket, Kelurahan Kebonsari dan Kelurahan Klojen. Sementara di tingkat Puskesmas, penerima penghargaan di antaranya Puskesmas Rampal Celaket, Puskesmas Cisadea dan Puskesma Kendalsari.

“Penghargaan ini untuk mendorong kita semua. Tidak hanya perangkat daerah saja tapi hingga tingkat kecamatan dan kelurahan. Karena mereka semua ujung tombak. Kami apresiasi karena mereka punya inovasi. Dan menyediakan data riil dengan progress yang baik,” tandasnya. (ica/aim)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img