spot_img
Thursday, May 23, 2024
spot_img

Semarak Jembawan Carnival RW 19

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA – Jembawan Carnival yang digelar warga RW 19 Desa Mangliawan Kabupaten Malang, Minggu (3/9) kemarin berlangsung semarak. Semua antusias sehingga sukses. 

Kegiatan  menyemarakkan HUT ke-78 RI ini diawali  jalan sehat. Start dari  Jalan Jembatan VII. Diikuti ratusan warga, jalan sehat diberangkatkan  Kepala Desa Mangliawan Mochammad Jai. Sebelum diberangkatkan, Ustad Anas, penghulu viral memanjatkan doa untuk rangkaian Jembawan Carnival RW 19. Jalan sehat ini pun kemudian berjalan lancar, diikuti  seluruh warga. Mulai anak-anak, dewasa hingga lansia, tumplek blek menjadi satu dalam kesempatan tersebut.

“Dengan jalan sehat ini, mudah-mudahan seluruh warga terus menjaga kekompakan kepada sesamanya,” ujar Jai, sapaan akrab Mochammad Jai.

Ia pun berterima kasih kepada seluruh warga RW 19 yang telah berpartisipasi aktif menyemarakkan jalan sehat seperti ini. Sebab berkumpul beramai-ramai pasca Covid-19 ini merupakan kesempatan yang berharga.

“Ini memang ada manfaat bagi warga untuk saling silaturahmi dan menyatukan diri bahwa betapa pentingnya kerukunan terutama di RW 19. Insya Allah secara umum pun kita  aman dan bagus di Desa Mangliawan,” tambah Jai.

Rute jalan sehat kali ini pun berbeda dibandingkan biasanya. Apabila tahun sebelumnya mengambil rute di sekitar Jalan Hanoman dan sekitarnya, kali ini mengambil rute di sisi Kali Cemplong. Lebih tepatnya dari start awal di Jembawan, lalu mengarah ke Jalan Sawojajar dan Jalan Sulfat. Setelah sampai di Jembatan Sulfat, kemudian  berbelok ke jalan setapak menyisir Kali Cemplong.

Di sebagian jalan dekat sungai itu karena jalannya cukup sempit, warga tentu harus bergantian melaluinya. Setelah itu, kembali lagi ke Jembawan  di lokasi finish.

“Kami ubah jalurnya dengan maksud agar ada suasana baru. Total jaraknya mungkin sekitar 2-3 kilometeran,” terang Ketua RW 19 Desa Mangliawan Siswanto.

Usai jalan sehat, Jembawan Carnival RW 19 pun makin seru ketika berlanjut ke acara senam bersama. Dengan diiringi musik yang bernuansa energik, warga pun tampak begitu bersemangat mengikuti tiap gerakannya. Selain senam aerobik, warga juga diajak senam zumba.

Senam kali ini pun dipandu oleh Elen, instruktur senam yang sudah populer di Malang. Dengan gerakan-gerakan yang atraktif, warga dibuat berkeringat pagi kemarin.

Usai bersenam pagi,  kemudian dihibur dengan hiburan musik. Warga pun tampak antusias. Sekaligus  pengundian hadiah atau doorprize.

Selain pembagian hadiah, di sela acara itu juga dilangsungkan lomba-lomba yang diikuti seluruh RT di wilayah RW 19. Tak pelak lomba-lomba ini  menambah keseruan acara kali ini. Di samping itu, selama acara ini juga tersedia beberapa stan bazaar yang berasal dari tiap RT. Diharapkan tiap RT dapat merasakan manfaat ekonomi dari acara Jembawan Carnival RW 19  ini.

“Kita sediakan tujuh stan, jadi satu tenda itu untuk satu RT. Terserah mengeluarkan dua menu atau berapa,” lanjutnya.

Jembawan Carnival RW 19  dibagi dua sesi. Yakni sesi pagi dan sore. Di sore hari hingga malam digelar permainan anak, hiburan band serta penampilan kreasi warga. Serta yang paling dinantikan adalah pembagian hadiah utama.

Siswanto menyampaikan hadiah dalam peringatan HUT RI  tahun ini berbeda dibandingkan sebelumnya. Grand prize kali ini yaitu sepeda elektrik.

“Ini rutin tiap tahun. Tapi tahun ini (hadiahnya) lebih dari yang kemarin. Ada sepeda elektrik, mesin cuci, kulkas, sepeda gunung dan banyak hadiah hiburan lain. Jumlah keseluruhan puluhan juta rupiah hadiahnya,” tegasnya.

Siswanto  berharap melalui acara rutin seperti ini, warga Jembawan khususnya di RW 19 bisa makin rukun dan kompak. Sebagai informasi,  RW 19 ini sedikitnya ada 350-an KK dari tujuh RT yang ada. Total ada sedikitnya 600 warga di perumahan tersebut.

“Mudah-mudahan di tahun mendatang  warga bisa lebih antusias dan lebih semangat. Kami  menjalankan amanah, dari warga untuk warga,” pungkasnya. (ian/van)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img