spot_img
Monday, July 15, 2024
spot_img

Seminar Praktisi dan Penandatanganan MoA IA: PBA UMM Gaet Penerjemah Tersumpah Bahasa Arab

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang menggelar seminar praktisi dengan tema ‘’Prospek Cerah: Bahasa Arab dalam Dunia Terjemah dan Konektivitas Bisnis.” Kegiatan ini diadakan di Aula BAU UMM yang diikuti oleh ratusan peserta, pada Sabtu (22/6) lalu.

Kegiatan seminar dibagi tiga termin. Pertama pembukaan acara yang dibuka oleh Dr. Saiful Amien, M.Pd selaku wakil Dekan 1 Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang. ‘’Betapa prospektif profesi penerjemah, sehingga beruntung sekali para peserta mendapatkan materi penerjemahan pada hari ini,’’ ujar Amien.

Termin kedua, penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dan Implementation Arrangement (IA) antara Fakultas Agama Islam (FAI) dan Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UMM dengan Agensi Pusat Penerjemah Jakarta. Sehingga dengan adanya kesepakatan ini bisa menambah kepakan sayap bagi prodi PBA UMM.

PBA UMM
Wadek I FAI UMM Dr. Saiful Amien, M.Pd (tengah), Kaprodi PBA Mochammad Firdaus, M.Ed. (kanan) dan pemateri Hamim Thohari Musa (kiri) menunjukkan MoA dan IA

Termin ketiga, penyampaian materi oleh Hamim Thohari Musa (praktisi dan Penerjemah Bahasa Arab Tersumpah serta Founder Agensi “Pusat Penerjemah’’ Jakarta). ‘’Penerjemah adalah emas, yang punya jasa penerjemah berarti yang punya emasnya,’’ tutur Hamim.

Para penerjemah tersumpah dapat berkarir di instansi kelembagaan. Seperti di penerjemah lembaga pemerintah, penerjemah di lembaga internasional, penerjemah kedutaan asing, penerjemah perusahaan, penerjemah lembaga pendidikan, penerjemah pribadi. Selain itu penerjemah juga bisa sambil menjadi dosen, tutor, pendidik dan sebagainya.

Hamim Thohari Musa didampingi moderator Ahmad Fathoni saat menyampaikan materi

Selain itu, ada profesi penerjemah freelance juga bisa berkarir dalam bidang penerjemahan buku, penerjemah video, penerjemah artikel, penerjemah spesialis hukum, penerjemah spesialis mesin, penerjemah spesialis medis, penerjemah spesialis keagamaan, dan penerjemah tersumpah.

‘’Semoga seminar ini bisa menambah kompetensi, jejaring atau networking, serta bisa berbagi pengalaman dan mendorong aktivitas praktisi penerjemahan,’’ harapnya.(adv/lim)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img