spot_img
Wednesday, June 19, 2024
spot_img

Serunya Sisma Squad Camp, Siswa Terampil dan Percaya Diri

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Sisma Squad Camp (SSC) tahun ini digelar di komplek Lanud Abd Saleh Malang. Dimulai Jumat (17/5) hari ini hingga Sabtu (18/5) besok. Ratusan siswa mulai kelas 5 SD Islam Sabilillah Malang, kelas 8 SMP Islam Sabilillah Malang dan kelas 11 SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School Sistem Pesantren tampak semangat.

Hasil pantauan Malang Posco Media, pada pukul 14.00 WIB semuanya fokus dalam kegiatan penilaian. Ada yang sedang latihan untuk kegiatan SISMA Night Show nanti malam. Semua tampil penuh semangat dan percaya diri.

“Alhamdulillah semua lancar, anak-anak masih semangat mengikuti kegiatan mulai tadi pagi. Saat ini mereka sedang mengikuti penilaian dari kakak-kakak pembina,” ucap Kabid Kurikulum, Kesiswaan dan Humas Lembaga Pendidikan Islam Sabilillah (LPI) Malang, Luqman, S.Pd., M.Pd di sela acara.

Dia mengatakan, SSC kali ini merupakan yang ke-6. Digelar untuk melakukan penilaian Dimensi Pemimpin Negarawan. Dimensi ini merupakan salah satu dari enam dimensi profil lulusan Sekolah Islam Sabilillah Malang, yang berkomitmen melahirkan Pemimpin Peradaban Dunia.

Dimensi Pemimpin Negarawan memiliki tiga elemen, yakni elemen karakter unggul, elemen nasionalisme dan elemen praktik kepemimpinan. Kita lakukan pembiasaan terus menerus di sekolah sebagai implementasi tiga elemen tersebut.

Setiap Sabtu, kata Luqman, di Sekolah Islam Sabilillah ada program Sisma Leadership Class sebagai tambahan jam di program ekstrakurikuler. Tujuannya untuk menanamkan nilai dimensi Pemimpin Negarawan pada siswa. “Dan kegiatan SSC ini adalah momentum untuk melakukan penilaian SKL siswa pada program SISMA Leadership Class khususnya siswa kelas 5, 8 dan 11,” terangnya.

Karena itu, dalam kegiatan SSC ini siswa tidak sekedar berkemah. Ada banyak muatan pendidikan yang diperoleh. Diantaranya penilaian karakter unggul, nasionalisme dan praktik-praktik kepemimpinan. “Karakter unggul yang dicapai melalui kegiatan ini diantaranya disiplin, mandiri, tanggung jawab, percaya diri dan sebagainya,” terang Luqman.

Sementara itu, SSC hari pertama berlangsung lancar. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Asisten Direktur II LPI Sabilillah Malang, Ishom Ihsan, M.Pd. Turut hadir Asisten Direktur III LPI Sabilillah Malang, Dr. Wartono, M.Pd., Sekretaris LPI Sabilillah Malang, Dr. Ali Afandi, M.Pd, dan para Kepala Sekolah Islam Sabilillah Malang.

Siswa tampak semangat dan antusias mengikuti setiap kegiatan yang dirancang oleh pembina. Mulai kegiatan penilaian peraturan baris berbaris, lagu-lagu kebangsaan dan sebagainya. Semua tampak menikmati dengan riang gembira. Sesuai dengan nilai-nilai dasar kepramukaan yang rajin, terampil dan gembira. (imm/nug)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img