spot_img
Sunday, September 8, 2024
spot_img

Server BPJS Down, Pasien Antre Berjam-jam

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA – Ratusan pasien rawat jalan  di RSUD dr. Saiful Anwar (RSSA) Malang  terpaksa menunggu lama saat mengakses layanan, Senin (13/5) kemarin. Itu karena aringan internet server BPJS Kesehatan mengalami gangguan.

Diperkirakan gangguan ini terjadi sejak pendaftaran dibuka pada pukul 08.00 WIB kemarin.  Salah satu pasien rawat jalan, Ardi warga  Wagir mengaku sudah mengantre sejak sekitar pukul 07.00 WIB.  Tiap hari ia mendaftar di Loket 1 yang ada di lantai dua RSSA untuk melakukan terapi. Ia biasanya sudah mendapat layanan sebelum pukul 09.00 WIB. 

“Tapi kurang tahu ini lama banget dibandingkan biasanya. Pukul 09.00 WIB   biasanya sudah sepi di sini, tapi ini sampai pukul 10.00 WIB kok masih ramai begini. Biasanya tidak terlalu lama, sekitar pukul 08.00 WIB saya sudah bisa daftar,” keluh Ardi ditemui di Loket 1 RSSA Malang,  kemarin.

Ia tidak menanyakan musabab kondisi yang tidak biasa itu. Namun Ardi sudah menduga ada semacam gangguan atau ada sesuatu yang tidak semestinya. Sebab, untuk mendaftar di loket 1 ini hampir semua pasien berlomba pagi-pagian untuk segera mendaftar. Sehingga jika jelang siang, kondisi di loket sudah sepi.

“Makanya kok aneh, saya lihat kok lama dari biasanya. Saya tidak dikasih tahu, tapi saya sudah mengira ada sesuatu. Ya tidak apa-apa sih sebenarnya, saya kira tidak ada kesengajaan atau apa begitu ya,” tambahnya.

Kondisi ini, tidak hanya terjadi di loket 1 saja. Tapi di semua loket yang ada di BPJS Center RSSA Malang khususunya untuk pasien rawat jalan.

Kasubbag Hukmas RSSA Malang Dony Iryan Vebry Prasetyo mengaku pihaknya telah menerima informasi adanya gangguan server tersebut. Bahkan beberapa pasien juga sempat ada yang menanyakan kepadanya terkait gangguan itu.

“Iya ada pemberitahuan seperti itu. pukul 09.30 WIB  sudah bisa, kembali normal. Sempat menunggu dan terjadi penumpukan pasien rawat jalan atau Poliklinik. Tapi sudah berhasil kami komunikasikan,” tandasnya.  

Sementara itu Kepala Bagian Pelayanan Peserta BPJS Kota Malang Roy Winandra mengatakan server BPJS sudah kembali normal. Ia mengaku belum ada pengaduan adanya server down lagi dari masyarakat. Selanjutnya, hingga pukul 19.00 WIB informasi pemberitahuan secara resmi dari BPJS pusat belum ada.

“Tidak ada pengaduan berarti sudah normal. Kalau informasi langsung pemberitahuan secara resmi belum ada,” terangnya saat dikonfirmasi. (ian/mg1/van)

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img