spot_img
Monday, July 15, 2024
spot_img

SheConnect Champion Dukung Perkembangan Startup Perempuan Malang

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Setelah sebelumnya sukses menggelar acara yang sama di Batam, kini Malang berkesempatan menjadi kota kedua dalam gelaran SheConnect Champion dari Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), Kamis (20/6) kemarin.

SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang mengungkapkan acara tersebut merupakan rangkaian dari acara SheHacks yang merupakan program CSR andalan dari Indosat.

“Acara ini merupakan kompetisi pitching battle ide bisnis dari karya perempuan Indonesia yang mana Malang menjadi kota Kedua setelah sebelumnya di Kota Batam. Tujuannya adalah untuk mendorong pengembangan usaha rintisan ataupun startup sekaligus mengembangkan pola pikir tech-preneurial dalam komunitas perempuan Indonesia,”terangnya.

SheConnect Champion yang digelar di Kota Malang diikuti oleh sebelas tim Startup perempuan yang mempresentasikan rancangan inovasi teknologi dalam pengembangan bisnis wirausaha. Indosat menghadirkan dua juri, yakni CEO Ngalup.co Andina Paramitha serta Analyst of Investment BRI Ventures Jasmine Kohar.

“Acara ini membuka kesempatan bagi perempuan sebagai pelaku usaha rintisan yang telah memiliki produk minimum maupun minimum viabel produk atau MVP guna mempresentasikan rencana bisnis inovatif mereka. Ini sebagai langkah untuk mendorong perempuan Indonesia dalam perjalanan tech-preneurial dengan memberikan kesempatan bagi mereka mempresentasikan MVP yang telah dimiliki, menghubungkan dengan ekosistem startup lokal maupun meningkatkan pertumbuhan womenpreneur di Indonesia,” jelasnya.

Pemenang dari si connect Champion akan dinilai dari kriteria inovasi berbasis teknologi kelayakan pengembangan bisnis serta dampak potensial yang akan ditimbulkan. Samping mendapatkan apresiasi berupa uang tunai, para pemenang juga akan mendapatkan kesempatan untuk bergabung dalam SheHacks MVP dalam program puncak SheHacks 2024. Mereka kan mendapatkan serangkaian sesi mentoring, inkubasi, pendampingan hingga kesempatan perjalanan keluar negeri.

“Dari masing-masing kota kami akan memilih tiga pemenang pitching battle. Mana mereka berkesempatan untuk dapat bergabung dalam SheHacks MVP. Kami berharap program ini dapat menginspirasi perempuan Indonesia lainnya dalam mengejar aspirasi teks prenurial mereka yang sejalan dengan misi Indosat dalam menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu, CEO Ngaluo.co, Andina Paramitha mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Indosat tersebut. Dengan banyaknya Startup karya perempuan Indonesia, hadirnya kegiatan ini bisa mewadahi mereka dalam mengembangkan bisnisnya tersebut.

“Melihat di Kota Malang, talent itu sangat banyak. Apalagi mulai dari pelatihan pembuatan startup sampai lomba-lomba sering dilakukan. Jadi sebetulnya sudah sangat familiar dalam membantu bisnis startup ini. Harapannya akan banyak startup baru yang bisa menyelesaikan permasalah di Kota Malang. Potensinya luar biasa,” paparnya.

Harapannya dengan adanya kegiatan tersebut banyak ide-ide yang datang dari kalangan perempuan untuk bisa membuat solusi kedepannya atas permasalahan yang ada dan selalu bisa berdaya sebagai perempuan.

Sebagai salah satu startup terpilih, Founder & CEO Freesh, Evi Dwi Lestika Rini merasa bersyukur. Ia meyakini bahwa startup memiliki unique selling proposition. ia berharap kedepannya semakin banyak hal semacam ini.

“Alhamdulillah senang banget, awalnya saya dapat info dari dosen saya untuk mengikuti SheConnect Champion di Malang. Saya yakin bahwa startup ini  mampu memecahkan stigma buruk yang selama ini melekat di ikan lele. Hadiah dari Indosat akan saya gunakan untuk pengembangan IoT dan juga mobile application yang targetnya rampung di akhir tahun. Semoga Indosat bisa mengadakan kompetisi sejenis kedepannya khususnya untuk perempuan, karena kami para startup agak struggle berkembang apalagi di tahun pertama”, tandasnya. (adm/nug)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img