spot_img
Tuesday, July 29, 2025
spot_img

Siap Bersaing Global

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Mengembangkan produk lokal agar mampu bersaing dengan merek internasional bukan perkara mudah. Namun, Dzahaby Razan, CEO & Founder Kilap Global, membuktikan bahwa hal tersebut sangat mungkin dilakukan jika dijalani dengan konsisten.

Melalui Kilap Premium, produk perawatan kendaraan yang ia kembangkan sejak awal, Haby—sapaan akrabnya—berhasil membangun kepercayaan pasar lewat kualitas dan harga yang bersaing. Ia memulainya secara perlahan, bahkan hanya dari sebuah e-commerce sederhana.

“Kuncinya mengetahui apa yang diinginkan pasar. Kalau produk kami ini istilahnya skin carenya motor dan mobil. Produk luar cukup mahal sedangkan mereka cinta dan ingin merawat kendarannya kan,” papar Haby.

Melihat kebutuhan tersebut, ia menciptakan produk dengan kualitas tinggi namun harga lebih terjangkau. Karena proses produksi dilakukan di Malang, biaya bisa ditekan tanpa mengorbankan kualitas—sebuah nilai tambah yang membuat produknya mampu bersaing.

Menurut Haby, konsistensi adalah kunci utama dalam menjalankan usaha. Menyasar segmen spesifik seperti pecinta otomotif menjadi salah satu strategi agar produk tepat sasaran.

“Hal-hal lain akan berjalan sebagaimana mestinya asalkan dilakukan dengan usaha maksimal dan konsistensi,” tegasnya. Kini, Kilap Premium tak hanya dikenal di kalangan pengguna lokal, namun juga mulai mencuri perhatian pasar yang lebih luas. Kiprah ini menjadi bukti bahwa produk lokal pun bisa tampil percaya diri di tengah gempuran merek global. (ica/aim)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img