spot_img
Thursday, June 20, 2024
spot_img

Siap Ikuti Kebijakan Pusat

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Penyampaian RUU APBN Tahun 2024

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Pemerintah daerah wajib membuat skema dengan detail serta cermat dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024. Terlebih, direncanakan ada kenaikan gaji sebesar delapan persen untuk ASN, TNI/Polri serta 12 persen untuk pensiunan.

Hal ini disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Malang, Darmadi, S.Sos usai mengikuti rapat paripurna beragendakan mengikuti pidato Presiden RI dalam rangka penyampaian pengantar atau keterangan pemerintah atas Rancangan Undang-Undang tentang APBN tahun 2024 dan nota keuangan di kantor DPRD Kabupaten Malang, Rabu (16/8).

“Harus segera ada penyesuaian, termasuk pemerataan pembangunan,” tegasnya. Dia meminta Pemkab Malang tetap mencermati dengan teliti seluruh skema penganggaran, perencanaan program serta pelaksanaannya, terutama kenaikan gaji ASN dan pensiunan yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU).

“Harus ikut cermat dan teliti dalam pembahasannya sehingga nantinya program dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan,” pintanya. Terutama program prioritas yakni pendidikan, kesehatan dan infrastruktur. “Ada kenaikan 20 persen anggaran pendidikan. Ini harus sangat cermat menghitungnya,” tegasnya.

“Anggaran kesehatan pun juga sama. Di bidang infrastruktur, kami berharap sudah tidak ada lagi jalan yang rusak di tahun 2024. Sebab, itu akan menghambat peningkatan ekonomi. Kalau jalannya bagus, maka ekonomi akan meningkat,” urainya. Bupati Malang, HM Sanusi siap mengikuti kebijakan pusat.

“Kami pasti akan mengikuti semua arahan bapak Presiden. Termasuk pula 20 persen anggaran untuk sektor pendidikan. Pemkab Malang sendiri, sebelum – sebelumnya, bahkan sudah menganggarkan lebih dari 20 persen untuk pendidikan,” ungkapnya.

Saat ini, Pemkab Malang masih fokus menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran, dengan salah satunya menjaga iklim investasi dan menarik bagi investor. “Kalau ini terjaga, harapannya di tahun 2024, angka pengangguran kian turun. Tahun 2024, kami tetap fokus pada pendidikan, kesehatan dan infrastruktur,” urainya. (adv/ira/mar)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img