MALANG POSCO MEDIA, KOTA BATU – RS Bhayangkara Hasta Brata Batu meluncurkan sebuah program inovatif bernama SiApelRanap (Sistem Administrasi Pelayanan Rawat Inap). Program ini diprakarsai oleh Karumkit RS Bhayangkara Hasta Brata Batu AKBP dr. Ananingati, Sp. OG (K) dalam rangka implementasi aksi perubahan dari Pelatihan Kepemimpinan Administrator 2024 yang tengah diikutinya.
“Program SiApelRanap bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan di bagian rawat inap melalui sistem yang lebih terintegrasi, efisien dan transparan. Sistem ini diharapkan dapat mempermudah alur administrasi serta monitoring pasien, sehingga pelayanan kesehatan bisa diberikan dengan lebih optimal,” ujar Ananingati kepada Malang Posco Media, Kamis (12/9) kemarin.
Tidak hanya mempermudah proses internal, diungkapkan bahwa SiApelRanap juga memungkinkan pasien dan keluarga untuk memantau perkembangan perawatan dengan lebih baik. Dengan begitu, program ini dapat menjadi salah satu langkah awal dalam mengembangkan rumah sakit yang lebih berorientasi pada kebutuhan pasien dan memaksimalkan penggunaan teknologi dalam dunia kesehatan.
“Kami terus berkomitmen untuk selalu meningkatkan kualitas layanan di RS Bhayangkara Hasta Brata Batu. Dengan adanya SiApelRanap, kami yakin pelayanan kepada pasien akan lebih cepat dan akurat. Ini adalah wujud nyata dari aksi perubahan yang diimplementasikan melalui pelatihan kepemimpinan,” bebernya.
Peluncuran program ini mendapatkan respon positif dari berbagai pihak, termasuk manajemen rumah sakit dan tenaga medis yang terlibat. Pasalnya sistem ini dianggap sebagai inovasi penting dalam menghadapi tantangan pelayanan kesehatan modern.
“Kami berharap SiApelRanap dapat menjadi contoh bagi rumah sakit lainnya dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia. Untuk meningkatkan pelayanan ke masyarakat, kami akan terus menelurkan inovasi-inovasi yang terbaik,” pungkasnya. (eri/lim)