spot_img
Wednesday, April 17, 2024
spot_img

Sinergi STIMATA Malang dan Malang Posco Media; Perkuat Kerja Sama Publikasi dan MBKM

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – STMIK Pradnya Paramita (STIMATA) Malang memperkuat hubungan kerja sama dengan Malang Posco Media. Hubungan kerja sama tersebut ditandai dengan teken MoU kedua pihak, Selasa (27/2) lalu. Penandatanganan dilaksanakan di ruang meeting Kampus STIMATA Jalan LA Sucipto Malang.

Naskah MoU ditandatangani oleh Ketua STIMATA, Dr. Tb. M. Akhriza, S.Si., MMSI., Ph.D dan Manajer Digital Malang Posco Media, Buari, STP. Pertemuan tersebut dilanjutkan dengan sharing dan diskusi ringan untuk kemajuan kedua institusi.

Dr. Tb. M. Akhriza, S.Si., MMSI., Ph.D mengatakan, inisiatif kerja sama ini diawali dari keinginan untuk menerapkan produk riset dosen di bidang teknologi digital. Produk riset perlu diimplementasikan sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat atau industri. “Dari situlah, STIMATA  ingin mencari mitra untuk kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, sekaligus pengamalan tri dharma perguruan tinggi,” ujar Riza, sapaan akrabnya.

Dia berharap dengan MoU tersebut hubungan kerjasama dengan Malang Posco Media semakin kuat. Tidak hanya dalam publikasi, tetapi juga dalam penerapan kurikulum merdeka. Misalnya, dalam program praktisi mengajar, dosen maupun mahasiswa magang di perusahaan. Program inilah yang dinilai sebagai indikator kinerja oleh kementerian. “Ada praktisi masuk ke kampus, ada dosen yang masuk ke industri,” terang Riza.

STIMATA sendiri memiliki program studi yang relevan dalam pelaksanaan kerjasama dengan Malang Posco Media. Yaitu Program Studi Sistem Informasi. Yang memiliki program wajib Praktik Kerja Teknologi Informasi (PKTI). Selain itu, semua prodi bisa magang melalui program pengabdian Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Para mahasiswa juga dapat mempelajari search engine optimization (SEO) yang juga menjadi salah satu keahlian di tim digital Malang Posco Media. “Jadi sangat mungkin mahasiswa prodi apa pun magang di sana,” ujar Riza.

Payung kerja sama yang digunakan adalah Tri Dharma perguruan tinggi. Selain itu, kedua instansi juga bisa saling support dalam berbagai kegiatan. Seperti publikasi dan sponsorship.

Terlebih, menurut Riza, reputasi Malang Posco Media sudah cukup kuat. Apalagi dengan adanya Poscomedia.id yang berskala nasional. Sebagai pimpinan, dia juga mempertimbangkan indikator performa yang akan ditingkatkan melalui kerja sama ini.

Hal ini ditanggapi secara positif oleh Manajer Digital Malang Posco Media, Buari. Ia menerangkan bahwa prinsip MPM sebagai perusahaan media adalah memperluas jejaring. Mencari banyak relasi. 

Maka dengan adanya kerjasama ini diharapkan bisa menjaring akses lebih luas lagi. “Kerjasama dengan STIMATA menjadi langkah awal memperluas jejaring dengan perguruan tinggi lainnya,” ujar Buari. (imm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img