spot_img
Monday, June 17, 2024
spot_img

Sinyal Kuat PDIP ke Dewanti, PKS Dekati Wahyu

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Bursa Calon Wali Kota Malang

MALANG POSCO MEDIA- Mantan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko makin berpeluang diusung PDI Perjuangan sebagai calon Wali Kota Malang. Sinyal untuk Dewanti makin kuat. Di sisi lain, PKS menjajaki Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat diusung di Pilkada November mendatang.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Malang I Made Riandiana Kartika SE MM mengakui  nama Dewanti Rumpoko menjadi figur kuat yang akan diusung PDI Perjuangan dalam Pilkada Kota Malang. Informasi yang beredar nama Dewanti jugalah yang paling berpeluang direkom oleh DPP PDI Perjuangan.

“Rekom turun secara resmi memang belum. Tapi beliau (Dewanti Rumpoko) memang betul diusulkan DPC (DPC PDI Perjuangan Kota Malang),” kata Made saat dikonfirmasi Malang Posco Media, Selasa (7/5) kemarin soal rekom DPP PDI jatuh pada Dewanti Rumpoko untuk calon Wali Kota Malang.

Pria yang juga menjabat Ketua DPRD Kota Malang ini membenarkan nama Dewanti Rumpoko diusung dan diusulkan dalam penjaringan kader internal untuk bakal calon wali kota Malang yang akan diusung DPC PDI Perjuangan Kota Malang di Pilkada Kota Malang tahun ini.

Meski begitu ia menegaskan ada beberapa nama lain yang juga dijaring. Seperti yang sudah pernah dipaparkannya. Di antaranya  kader internal seperti Dr Sri Untari, Sri Rahayu hingga Ahmad Wanedi. Hanya saja informasi di lapangan menyebut sosok Dewanti  yang mencuat kuat.

“Ya kami masih melakukan proses penjaringan. Yang jelas betul nama Bu Dewanti kami usulkan,” tutur Made.

Sebelumnya disebutkan bahwa PDI Perjuangan Kota Malang memiliki satu kriteria wajib yang akan diusung maju Pilkada Kota Malang. Yakni harus berpengalaman di birokrasi pemerintahan. Lebih baik lagi jika berpengalaman baik di kursi legislatif maupun eksekutif.

Sampai berita ini diturunkan, Malang Posco Media belum berhasil mendapat konfirmasi Dewanti Rumpoko. Dihubungi via WhatsApp (WA) namun Bude, sapaan akrab Dewanti Rumpoko belum menanggapi.

Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat

Sementara itu di sisi lain, penjaringan  calon wali kota yang akan diusung dari partai-partai politik juga dilakukan pada figur eksternal yang potensial. Seperti yang dilakukan DPD PKS Kota Malang.  Selain sudah melakukan proses penjaringan dan kini penyaringan kader internal, PKS Kota Malang mengakui juga menjaring figur  eksternal.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Malang Posco Media,  PKS sudah mendekati satu figur. Yakni Wahyu Hidayat, yang kini sedang aktif menjabat sebagai Pj Wali Kota Malang. Hal ini dibenarkan Ketua DPD PKS Kota Malang Ernanto Djoko Purnomo saat dikonfirmasi.

“Iya kami silaturahmi syawal ke beliau (Wahyu Hidayat) sebagai Pj Wali Kota Malang. Boleh kan? ” kata  Joko saat dikonfirmasi, Selasa  (7/5) kemarin.

Saat ditegaskan apakah pertemuan itu juga bermuatan agenda politik, Joko mengungkapkan pertemuan tersebut adalah pertemuan biasa sebagai partai politik dengan orang nomor satu di Kota Malang saat ini.

Meski begitu Joko membenarkan bahwa PKS Kota Malang tidak hanya melakukan penjaringan dan penyaringan figur internal. Dikatakannya saat ini baik kader partai maupun figur eksternal juga sudah masuk dalam tahap penyaringan calon yang akan diusung untuk kemudian diputuskan dalam rekomendasi DPP PKS.

“Sosok-sosok yang kader kami juga siapa tahu bisa berubah, bisa jadi tambah lagi sosok yang akan diusulkan. Sabar ya,” pungkas Joko.  

Sementara itu Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menanggapi santai isu berkomunikasi politik dengan DPD PKS Kota Malang. Ia mengatakan tidak melakukan komunikasi ke arah tersebut. “Oh tidak ada itu,” ungkapnya singkat saat dikonfirmasi tadi malam. (ica/van)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img