spot_img
spot_img
Sunday, April 14, 2024
spot_img
spot_img

SMA Muhammadiyah 1 Malang Miliki Kelas Alquran, Komitmen Usung Visi Islami

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Di era digital yang penuh tantangan, banyak orang tua khawatir dengan nilai-nilai keislaman yang mulai pudar. Itulah yang menjadi semangat para guru dan elemen SMA Muhammadiyah 1 Malang (SMAMSA) dalam membekali karakter siswa yang islami dan berlandaskan Alquran. Hal itu disampaikan oleh Muhammad Ifan Ady Winata, S.Pd., Waka Urusan Kesiswaan SMAMSA Malang, Rabu (21/2) lalu.

Sekolah yang beralamat di Jalan Brigjend Slamet Riyadi Malang ini berkomitmen untuk mencetak lulusan yang beradab, berakhlak, dan menjunjung tinggi nilai keislaman. Komitmen inilah yang mendorong para guru untuk memberikan kualitas pendidikan terbaik. Terbukti hingga mendapatkan akreditasi A dan menjadi Muhammadiyah Inspiring School sejak Tahun 2022. “Sesuai visi kami, yaitu islami, berkarakter, unggul, kreatif, dan ramah anak,” ujar Ifan.

Dia menjelaskan, untuk mendorong terwujudnya visi tersebut, SMAMSA menghadirkan lima program unggulan. Yaitu kelas Alquran, Ma’had K.H. M. Bedjo Dermoleksono, program inklusi, satuan pendidikan aman bencana (SAPB), dan program double track mandiri kelas tata boga dan multimedia.

Program Kelas Alquran adalah kelas khusus bagi siswa-siswi yang ingin menghafal dan mempelajari Alquran secara lebih mendalam. Kelas ini berbeda dengan kelas reguler biasa karena pembelajaran Alquran dilaksanakan mulai pagi hingga pukul 11.30 siang. “Setelah zuhur baru dilanjutkan pembelajaran umum seperti biasa,” terang Ifan.

Selain itu, demi mendorong visi islami dan berkarakter, SMAMSA juga menerapkan pembelajaran islami dalam keseharian. Ada pembiasaan salat dzuhur berjamaah setiap hari dilengkapi dengan kultum dan salat asar berjamaah. “Pembiasan salat wajib dzuhur dan asar ini kami pantau setiap hari,” terang Ifan.

Tak hanya itu, ada pula program Malam Bina Iman dan Takwa (MABIT) yang diadakan setiap bulan. Kegiatan ini melibatkan para siswa dengan agenda menginap di sekolah. Di momen itulah, para guru memantau dan membina ibadah siswa mulai bangun tidur hingga tidur kembali. “Di MABIT, kami bisa lebih fokus memantau keseharian siswa lima waktu salat dan tahajud,” ujarnya.

MABIT: Malam bina iman dan takwa, salah satu upaya meningkatkan karakter islami siswa-siswi SMAMSA.

Ada juga program baitul arqam atau pondok ramadan ketika momen bulan puasa. Hal ini agar meningkatkan karakter keislaman, akhlak, dan adab para siswa. Didukung pula dengan adanya mata pelajaran PAI dan Kemuhammadiyahan.

Di samping adanya program-program tersebut, SMAMSA juga tetap mengedepankan kreativitas para siswa. Sesuai dengan tagline creative school yang disandangnya. Hal ini dibuktikan dengan adanya beragam ekstrakurikuler seni dan olahraga, Jumat Kreatif bagi siswa kelas inklusi, dan pembuatan kostum Green Fashion dari bahan bekas oleh siswa kelas X di pembelajaran P5. “Jadi kami tidak hanya fokus pada akademik, tetapi juga mendidik karakter islami dan mendorong kreativitas siswa,” pungkasnya.

Pendaftaran SMAMSA tahun pelajaran 2024/2025 masih dibuka hingga Juli 2024. Bisa diakses secara online melalui media sosial maupun datang langsung ke sekolah ini. (mg1/imm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img