MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Smartfren terus berupaya untuk dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia. Di momen peringatan hari lahir Pancasila, yang jatuh pada awal Juni lalu, Smartfren mengajak masyarakat aktif berkarya dan terus mengasah kreatifitas dan inovasi.
Melanjutkan gerakan 100 persen untuk Indonesia, Smartfren terus memperluas jangkauan program Teman UMKM Indonesia dengan menggelar serangkaian kegiatan pengembangan UMKM dan literasi digital untuk para pelaku UMKM.
Kegiatan tersebut digelar sepanjang Mei hingga Juni 2023. Malang menjadi salah satu kota yang berkesempatan menjadi tuan rumah dalam program Teman UMKM yang digelar Senin (27/6) berlokasi di Malang Creative Center (MCC).
Head of Community Development & Public Relation Smartfren, Dani Akhyar menjelaskan, di momen Hari Lahir Pancasila Smartfren mengadakan beberapa gerakan yang mengajak masyarakat terus membawa nilai–nilai luhur Pancasila. Masyarakat dapat ikut berperan aktif dalam berkarya dan menyebarkan sikap positif.

“Harapannya, dari rangkaian inisiatif gerakan 100 persen untuk Indonesia melalui Teman UMKM Indonesia yang diselenggarakan di Kota Malang ini, kita generasi muda dapat memicu perkembangan berbagai potensi sosial, ekonomi dan budaya,” ujarnya.
Kegiatan yang terfokus pada literasi digital tersebut diharapkan mampu memberikan bekal pengetahuan bagi masyarakat dapat lebih dekat dengan digital marketing dan branding produk. Sehingga dapat memberikan keahlian bagi masyarakat terkait dengan pemasaran, khususnya bagi pelaku UMKM.
Menurutnya, Teman UMKM Indonesia menjadi wadah mengembangkan kokreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda, serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif dan digital yang didirikan Smartfren.
Saat ini telah ada 1864 UMKM binaan Teman UMKM Indonesia yang tersebar di 55 kota. “Sampai sekarang, Smartfren melalui Teman UMKM Indonesia, telah melaksanakan beberapa kegiatan yang membantu keberlangsungan UMKM di berbagai kota. Kami berharap melalui serangkaian kegiatan itu dapat membuka peluang digitalisasi dan mempermudah para pelaku UMKM dalam memasarkan produk-produknya,” jelasnya.
Turut hadir dan memberikan materi dalam acara tersebut Kasi Pengembangan dan Penguatan Usaha dari Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang, Ir. Asih Siswanti serta Praktisi Digital Marketing sekaligus Direktur PT Fortuna iMarks Trans Faizal Alfa.
Pada momen tersebut, Smartfren juga turut menyelenggarakan kompetisi foto Jurnalistik dengan tema ‘Menyatukan yang berbeda’. Melalui tema tersebut, Smartfren turut mengajak masyarakat agar dapat membangkitkan kembali toleransi dan rasa persatuan dalam perbedaan. (adm/udi)