spot_img
spot_img
Sunday, April 14, 2024
spot_img
spot_img

SMK PIM dan PT Rexton Indocoating Selaraskan Kurikulum

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Sinkronisasi kurikulum dengan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA) merupakan penyelarasan kurikulum kejuruan pada SMK dengan IDUKA. Hal tersebut dilakukan dengan melibatkan pihak IDUKA, sebagai pemakai tenaga kerja agar kompetensi lulusan SMK dapat meningkat.

Sinkronisasi kurikulum akan berjalan dengan baik, apabila dilakukan secara terencana, terprogram, dan berkesinambungan. Menghadapi tahun pelajaran 2022/2023, SMK Putra Indonesia Malang (PIM) bekerjasama dengan IDUKA cat solven based, PT. Rexton Indocoating melakukan proses penyelarasan muatan kurikulum, Januari 2023 lalu.

Pelaksanaan kegiatan sinkronisasi di SMK PIM melibatkan Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Waka Humas, Kepala TU, Kakomli Teknik Kimia Industri, Kakomli Farmasi Industri, Kepala Laboratorium, serta guru mata pelajaran produktif yang menampu tema cat berbasis minyak maupun air. Hadir dari pihak IDUKA, Direktur PT. Rexton Indocoating, Wijono Raharjo.

Saat pemaparan kompetensi yang akan disinkronkan, Wijono Raharjo menjelaskan bahwa proses cat soven based harus dikenalkan mulai dari bahan, formulasi uji mutu dan teknik pengecatan.”Proses awal yang paling penting harus diketahui peserta didik dalam industri cat adalah pengenalan sifat – sifat dari bahan cat dan pembuatan formulasi cat,” katanya.

“Dengan mengetahui sifat bahan cat, peserta didik akan lebih mudah membuat formulasi cat yang baik dan berkualitas,” jelasnya. Lebih lanjut direktur yang memiliki hobi jogging ini menyampaikan bahwa pengujian mutu cat dan teknik pengecatan juga merupakan tahapan yang penting setelah formulasi cat. “Uji mutu menjadi tahapan penting karena kualitas produksi cat berbasis minyak diketahui,” tegas dia.

Setelah pemaparan, Wijono Raharjo menyepakati penyelarasan kurikulum dengan SMK PIM. Kurikulum ini akan dijalankan pada tahun pelajaran baru, pada mata pelajaran tema cat solven based oleh guru yang telah magang di PT. Rexton Indocoating, kemudian dikuatkan oleh praktisi industri pada Kelas Industri PT. Rexton Indocoating.

Bagi peserta didik kelas IX SMP yang ingin bergabung menjadi keluarga besar SMK PIM telah dibuka PPDB Tahun Pelajaran 2023/2024 hingga 31 Maret 2023 jalur regular 1. Promo dapatkan free formulir, subsidi hingga 50%, kemudahan pembayaran, dan beasiswa upgrade kompetensi. Informasi lebih lanjut pendaftaran, silahkan kunjungi website smkpim.sch.id atau contact person WA 081456023561. (mar)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img