spot_img
Saturday, July 13, 2024
spot_img

SMP Islam Sabilillah Kota Malang, Ajak Siswa Terus Aktif dan Produktif

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Usai pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Tahun (ASAT) 2024, SMP Islam Sabilillah Malang menggelar class meeting. Bukan class meeting biasa, tetapi kegiatan yang penuh inovasi. Mulai dari kegiatan akademis, olahraga, seni, hingga outing class. Digelar sejak Senin (10/6) lalu hingga puncaknya Sabtu (22/6) mendatang.

Rangkaian kegiatan tersebut disusun matang dengan konsep yang menarik untuk mewadahi bakat dan minat para siswa. Serta memberikan pilihan kegiatan atraktif untuk mengisi waktu luang pasca ASAT sembari menunggu jeda hingga pembagian rapor.

Hal itu disampaikan Waka Humas dan Kesiswaan SMP Islam Sabilillah Malang Awwat Warta, S.Pd. Ia menjelaskan, inovasi tersebut dilakukan pada semester kali ini sekaligus untuk memfasilitasi banyaknya waktu luang siswa setelah ASAT. “Kalau biasanya classmeeting hanya diisi lomba-lomba, kali ini kita beri pilihan kegiatan yang beragam agar tidak monoton. Jadi semua siswa bisa terfasilitasi,” terangnya.

Rangkaian pertama adalah penilaian ekstrakurikuler seni bertajuk Festival dan Lomba Olahraga dan Seni Sabilillah (FLOSS) yang sudah mulai digelar sejak Senin (10/6). Para siswa diajak untuk menampilkan bakatnya usai digembleng di ekstrakurikuler masing-masing dengan mengundang orang tua sebagai penonton. Misalnya penampilan biola oleh ekstrakurikuler musik. “Kalau biasanya penilaian hanya untuk pelajaran, kita latih anak-anak untuk berani mengekspresikan diri lewat penilaian seni di FLOSS,” ujarnya.

Bukan sekadar kegiatan berbasis seni dan olahraga, para siswa juga dilatih untuk membuat karya di bidang akademik untuk dipresentasikan dalam project based learning (PJBL) Assembly My Project. Para siswa kelas 7-8 menampilkan hasil karyanya dengan tema “Cultural Diversity”.

“Ini minggu padat, kami ingin melibatkan seluruh siswa agar mereka tidak jenuh. Jadi selama dua minggu jeda tersebut anak-anak tidak akan kehabisan kegiatan positif, bisa memanfaatkan berbagai kegiatan untuk mengembangkan diri,” jelasnya.

Tak berhenti di sana, dalam gebyar kegiatan pasca ASAT tersebut, siswa-siswi SMP Islam Sabilillah juga diberikan wadah mengekspresikan diri dalam Classmeeting Lomba Olahraga. Memperebutkan juara di berbagai cabang seperti futsal, voli, dan basket. Bergantian, kelas 7 dan 8 juga mengikuti kegiatan Outing Class ke Eco Green Park dan Jawa Timur Park 2.

Gebyar kegiatan pasca ASAT dirangkaikan pula dengan kegiatan perayaan hari besar Islam Idul Adha yang juga masuk dalam kegiatan pasca ASAT. Dilanjutkan tasyakuran kelulusan kelas 9 dan puncaknya pembagian rapor dalam kegiatan Annual School Celebrations (ASC).

Keseluruhan kegiatan tersebut diharapkan bisa menghindari waktu kosong para siswa. Diharapkan setelah adanya gebyar kegiatan pasca ASAT para siswa dapat lebih bertanggung jawab memanfaatkan waktu serta dapat memaksimalkan diri sesuai bakat minat masing-masing. “Harapannya setelah ini akan banyak inovasi kegiatan baru dengan tema baru yang bisa lebih memotivasi siswa untuk mengembangkan diri,” pungkasnya. (mg1/sir/udi)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img