MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Kepala SMP Muhammadiyah 2 Inovasi Malang, Supriyanto, S.PdI., M.Pd kembali berprestasi. Supri, sapaannya berhasil memenangkan lomba penyelenggaraan pendidikan inklusif tingkat nasional.
Ia mendapat nilai 90,1 dalam gelaran Olimpiade Ahmad Dahlan ke-7 yang diselenggarakan di Bandung, mulai 6 sampai 8 Maret 2024 lalu. Score tersebut tertinggi diantara peserta lain sehingga ia dinobatkan sebagai juara 1.
Kepada Malang Posco Media, Supriyanto mengatakan, lebih dari 1000 peserta mengikuti perlombaan tersebut. Mereka berasal dari 19 Provinsi di Indonesia. “Alhamdulillah, kami bersyukur atas prestasi ini. Menjadi motivasi untuk pengembangan lembaga kedepan,” ucapnya, Selasa (12/3) kemarin.
Delegasi dari SMP Muhammadiyah 2 Inovasi Malang, Supriyanto, S.PdI., M.Pd (Kepala Sekolah) dan Riski Eka Pratiwi, S.Psi (Manajer Pendidikan Inklusi) berhasil mengembangkan sebuah model pembelajaran untuk siswa berkebutuhan khusus. Model tersebut diberi nama “BenangMu”, akronim dari Belajar Menyenangkan dengan Musik.
Supri, sapaan akrabnya, menjelaskan terkait keunikan dari model tersebut adalah hadirnya seorang maestro musik bernama Pak Anharu yang juga merupakan Guru Berkebutuhan Khusus.
Melalui model ini siswa mengalami perkembangan cukup baik dalam 5 dari 8 kecerdasan (multiple intelligence). Beberapa kecerdasan yang berkembang antara lain: kecerdasan linguistik, musik, interpersonal, intrapersonal dan kinestetik.
Supriyanto menyampaikan, misi utama dari keikutsertaannya bukanlah semata karena lomba. Namun timnya ingin mengkampanyekan pendidikan yang berkeadilan bagi siswa difabel.
“Harapannya siswa berkebutuhan khusus bisa diterima di sekolah seperti halnya siswa reguler lain. Sekaligus memperoleh pembelajaran yang tepat sesuai -kekhususannya- itu,” ungkap Supri.
Raihan ajang tertinggi di Muhammadiyah ini semakin meneguhkan posisi SMP Muhammadiyah 2 Inovasi sebagai sekolah rujukan penyelenggara pendidikan inklusi di Kota Malang. Kedepan Supriyanto dan tim guru bertekad untuk terus mengembangkan mutu dan kualitas pendidikan, termasuk untuk siswa berkebutuhan khusus. (imm)