spot_img
spot_img
Sunday, April 14, 2024
spot_img
spot_img

SMPIT Insan Permata Malang; Tumbuhkan Empati, Santuni Ratusan Duafa

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Ramadan berbagi berkah. Seperti itulah motivasi SMPIT Insan Permata yang ditanamkan pada siswanya. Kamis (28/3), ratusan warga memenuhi halaman sekolah ini. Mereka hadir untuk memenuhi undangan bakti sosial.

SMPIT Insan Permata menyantuni duafa. Ada lebih dari 200 paket sembako yang dibagikan kepada warga sekitar sekolah. 155 paket sembako untuk kalangan tidak mampu dan selebihnya untuk para tokoh masyarakat. Seperti ketua RT, RW, imam masjid, modin dan sebagainya.

“Di bakti sosial ini kami mengundang warga yang membutuhkan bantuan dari Kampung Jeruk, Kasur dan Karlos Wetan. Kami bekerjasama dengan pengurus RT dan RW setempat, dengan menebar kupon” ucap Ketua Pelaksana Ansyithoh Ramadhan 1445 H, SMPIT Insan Permata,  Rubiati, S.Psi.

Dia mengungkapkan, dana pengadaan paket sembako berasal dari hasil latihan infak siswa. Infak ini digalang dari sebelum Ramadan, hingga terkumpul dana sebesar 30 juta rupiah.

“Alhamdulillah besar dananya sesuai dengan target kami. Kegiatan ini tidak lain untuk menumbuhkan dalam diri siswa kami semangat berinfak dan berbagi kepada yang membutuhkan,” ungkapnya.

Selain itu, di hari yang sama SMPIT Insan Permata juga membuka stand barang bekas layak pakai. Barang-barang ini sebagian dijual dengan harga murah dan sebagian diberikan secara gratis. Ada baju, tas, dan sebagainya.

Barang-barang tersebut dihimpun dari guru, orang tua dan siswa. Warga sekitar pun antusias mengunjungi pasar dadakan ini. Sejak pagi sudah berjubel di halaman sekolah. “Dulu sempat kami gratiskan semua. Tapi kurang kondusif. Karena semua berebut,” kata Rubiati.

Dia menjelaskan, hasil dari penjualan barang bekas layak pakai ini disalurkan ke baksos. Kembali dibelanjakan sembako untuk baksos di Bulan Ramadan maupun di luar ramadan. “Jadi hasilnya bukan untuk pengembangan sekolah. Karena tujuannya ini untuk donasi sosial,” imbuhnya.

Direktur Yayasan Insan Permata, Ahmadi , S.Si mengatakan, program bakti sosial telah menjadi agenda rutin SMPIT Insan Permata setiap Bulan Ramadan. Dia juga menyampaikan terimakasih kepada warga yang telah hadir berkunjung ke sekolah untuk kegiatan bakti sosial.

“Terimakasih sudah menghadiri undangan kami. Semoga ini menjadi ajang silaturahmi kami dengan warga dan untuk mengenalkan lebih dekat SMPIT Insan Permata kepada masyarakat,” ucapnya saat sambutan.

Menurutnya, kegiatan bakti sosial juga menjadi bagian tak terpisahkan syiar SMPIT Insan Permata. Terutama dalam rangka memeriahkan Bulan Ramadan. “Juga menjadi bentuk syukur kami akan nikmat yang didapat selama ini. Dan juga wujud dari proses pendidikan dalam melatih kedermawanan siswa supaya mudah berinfak,” terang Ahmadi.

Sementara itu, selain menggelar baksos SMPIT juga melaksanakan Pesantren Ramadan. Digelar dua hari sejak Rabu (27/3) lalu. Ada beberapa sesi materi. Diantara materi motivasi dan sirah sahabat. Para siswa menginap di sekolah. Mereka buka puasa bersama, salat tarawih, salat malam, sahur dan khataman quran.

Saat ini SMP IT Insan Permata, masih membuka pendaftaran siswa baru Tahun Ajaran 2024/2025. “Bisa melalui link pendaftaran di web insanpermata.sch.id atau bisa menghubungi nomor 082233244018,” tutupnya. (adv/imm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img