spot_img
Thursday, May 23, 2024
spot_img

Soto Pulung Dowo Rasa Khas, Koyanya Nikmat

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nama Soto Pulung Dowo bagi masyarakat Malang Raya sudah tidak asing lagi. Warung soto yang terletak di Desa Pulung Dowo Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang ini tersohor karena rasanya yang khas.

Tak heran, jika soto daging ayam kampung ini menjadi langganan bagi semua kalangan. Hal ini dibuktikan foto-foto yang dipajang di warung yang didirikan Almarhum Matasir puluhan tahun yang lalu.

Tampak terpampang foto Wali Kota Malang H Sutiaji dan istri Hj Widayati Sutiaji, ada juga foto mantan Bupati Malang Rendra Kresna, pengusaha Malang Iwan Kurniawan, anggota DPR RI Kresna Dewanata Phrosakh. Juga ada foto artis Jawa Timur Cak Sodiq. Mereka ini pernah merasakan nikmatnya Soto Pulung Dowo.


Lokasi Soto Pulung Dowo tidaklah sulit. Dari Kota Malang jaraknya sekitar 15 kilometer atau bisa ditempuh dalam waktu 45 menit. Dari pertigaan Taman Makam Pahlawan Tumpang, belok ke kanan sekitar 2,7 kilometer atau sekitar lima belas menit jika menggunakan motor atau mobil.


“Para pejabat bank, kepolisian, para kepala dinas juga banyak yang langganan di warung ini,” kata Koko Hariadi, anak menantu alm Matasir kepada Malang Posco Media.


Warung Soto Pulung Dowo juga sudah menjadi langganan di pemerintahan Malang Raya. Kerapkali ada kegiatan, pihaknya diminta menyediakan sotonya.


“Harganya cukup terjangkau. Ada dua jenis harga yakni untuk mangkok ukuran besar harganya Rp 17 ribu. Sedangkan untuk mangkok ukuran kecil Rp 15 ribu,” tambah Koko Hariadi.


Selain itu, para goweser, kumpulan motor trail, vespa hingga pengunjung Gunung Bromo serta berbagai komunitas secara rombongan sering mampir ke warung Soto Pulung Dowo ini.


“Orang luar kota juga datang kesini. Orang yang datang ke pertapaan Karmer di Desa Ngadireso juga mampir. Orang-orang Chinese juga sering datang,” kata suami Muafif Khoirif ini.


Tempatnya pun cukup nyaman, ada dua lantai. Lantai dua biasanya untuk rapat sekaligus makan soto. Apalagi lokasinya sangat strategis karena di depan Masjid Jami’ As-Shiddiq sehingga pengunjung yang akan salat, tidak perlu jauh-jauh.


Menurut Koko, ciri khas Warung Soto Pulung Dowo ini adalah koya-nya yang beda dengan warung-warung soto lainnya.


“Warung soto banyak, tapi disini ada ciri khasnya yakni rasa koyanya. Warung Soto Pulung Dowo ini tidak membuka cabang, hanya disini,” tambahnya. (jon/mpm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img