spot_img
Saturday, July 20, 2024
spot_img

STIE Kertanegara Malang; Buka Program Sore, Kuliah Sambil Kerja

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kertanegara Malang punya tagline baru, ‘Bekerja sambil kuliah, bisanya di STIE Kertanegera Malang saja’. Dengan tagline ini diharapkan menjadi informasi sekaligus wadah bagi masyarakat untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Terutama bagi mereka yang sibuk dengan pekerjaan. Kampus yang biasa disebut dengan nama Stiekma ini, membuka peluang. Sekaligus menjadi satu inovasi yang dikembangkan sejak dulu di kampus yang berada di Jalan Cengher Ayam ini.

- Advertisement -

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru STIE Kertanegara Malang, Dedi Sukariyono,S.E.,M.M menjelaskan jika saat ini banyak sekali lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mulai kehilangan semangat untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Mereka lebih memilih langsung kerja.

Padahal belum tentu kompetensi yang dimiliki sudah memadai dengan tantangan yang harus dilalui di dunia kerja. “Banyak anak sekarang yang sudah mulai berpikir untuk memilih lebih baik langsung bekerja dari pada harus kuliah dulu,” ujarnya.

Skil dan keterampilan bekerja tentu belum dimiliki oleh lulusan jenjang SMA. Karena memang penekanan studi yang diterapkan di SMA adalah pada bidang akademik. Lulusan SMK lebih memiliki kemampuan dasar untuk mendapatkan peluang kerja lebih banyak karena sudah memiliki skill bawaan jurusan mereka.

Namun, bukan berarti hal tersebut bisa dijadikan pembenaran utama. Sebab, menurut Dedi saat ini dunia kerja sudah berkembang dengan sangat pesat. Banyak sekali persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelamar kerja.

Salah satu syarat yang mulai mengalami penyusutan adalah pada tingkat pendidikan akhir yang dimiliki oleh pelamar kerja. “Seleksi yang ada di dunia kerja sekarang cukup keras, ijazah SMA/SMK mungkin di kemudian hari akan sulit menjadi syarat akhir pendidikan para pelamar kerja,” ujarnya.

Kuliah memang sebuah upaya yang dilakukan oleh seseorang yang ingin mendapatkan ilmu dan gelar. Pada umumnya, perkuliahan biasanya akan dilakukan dalam rentan waktu pagi sampai sore. Berbeda dengan STIE Kertanegara Malang yang sedikit menggeser waktu perkuliahannya dari sore sampai malam hari.

Tagline bisa kerja sambil kuliah di STIE Kertanegara Malang menjadi salah satu upaya yang ampuh menembus pasar calon mahasiswa baru. Pasalnya tidak sedikit yang memang membutuhkan jam kuliah di luar waktu kerjanya. Dengan adanya pergeseran waktu akademik menjadi sore hari, para pekerja bisa mengikuti perkuliahan dan tetap menjalankan rutinitas pekerjaannya tiap hari.

Dedi berpesan kepada seluruh mahasiswa yang berproses untuk terus menekuni apa yang sudah mereka pilih. Jika memang bekerja dan kuliah adalah hal yang menjadi pilihan, maka manajemen waktu menjadi kunci utamanya.

“Pendidikan adalah hal yang penting. Jika bisa bekerja dan menuntut ilmu sekaligus, itu adalah sebuah kelebihan yang tidak semua orang miliki. Aturlah waktu dengan baik agar semua urusan bisa terselesaikan tanpa cacat,” pungkasnya (mp1/imm)

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img