spot_img
Saturday, July 20, 2024
spot_img

STIEKMA Gelar Workshop Career Apply For a Job, Faris Hidayat Berbagi Kiat Sukses Cari Kerja

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Regional Manager Processing Africa – EUEEMA (Philip Morris International) Faris Hidayat, ST., MT., sharing pengalaman sekaligus berbagi kiat sukses mendapat pekerjaan kepada mahasiswa STIE Kertanegara Malang (STIEKMA). Minggu (7/8) kemarin, dia menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan Workshop Career Apply For a Job. Digelar di Hall Kampus Stiekma, Jalan Cengger Ayam Kota Malang.

Dalam kesempatan tersebut, Faris memaparkan dua tema konten. Yakni pemilihan jenis pekerjaan serta jenjang karir dan perencanaan kerja.

- Advertisement -

Menurutnya, dunia bisnis semakin terbuka luas. Tidak ada alasan lulusan Stiekma untuk kesulitan mencari kerja atau menciptakan lapangan pekerjaan.

“Bidang ekonomi bisnis, accounting, finance, manajemen dan sebagainya, memiliki kesempatan yang lebih luas, dibandingkan dengan orang teknik,” katanya.

NARSUM: Faris Hidayat, ST., MT., memaparkan materinya secara online dari Portugal tentang kiat sukses meniti karir.

Karena itu, kata Faris, mahasiswa Stiekma tidak boleh pesimis menghadapi masa depan. Bahkan peluang mereka terbuka lebar untuk sukses menjadi CEO. Potensi mereka sebagai lulusan manajemen atau akuntansi merupakan kemampuan generik yang dibutuhkan industri.

Setiap departemen membutuhkan manajemen dan bisnis. Namun tidak semua departemen membutuhkan orang teknik. “Maka beruntung anda yang punya background bisnis, track anda sudah tepat menjadi mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, maka kembangkan potensi yang anda miliki untuk sukses karir masa depan,” tegasnya.

Untuk mempermudah mendapat pekerjaan, Faris juga mengimbau kepada mahasiswa untuk bergabung dan aktif di social career platform. Misalnya Linkedin, Jobs.id, Glassdoor, dan lain lain.

Dia juga menyampaikan bahwa IPK bukan menjadi ukuran seseorang untuk sukses. Tidak sedikit orang yang mencapai sukses meskipun dengan IPK yang pas-pasan. Bahkan diantara mereka tidak sempat mengenyam bangku kuliah. “Jangan minder dengan IPK. Selama punya keahlian, pengalaman dan kemauan anda akan sukses,” tuturnya.

Faris juga menjelaskan tentang Career Plan. Bahwa seseorang sangat penting untuk belajar mengenai diri sendirinya, mengeksplorasi pilihan yang diambil, serta mencari mentor dan mengakses informasi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya,
Stiekma menggelar Workshop Career Apply For a Job untuk para mahasiswa calon lulusan. Di kegiatan ini Stiekma menghadirkan para pembicara handal dan profesional. Yakni Regional Manager Processing Africa – EUEEMA (Philip Morris International) Faris Hidayat, ST., MT., dan Profesional Leadership Center Heru Utomo, SE., MM.

Ketua Pusat Karir STIEKMA M. Afif, S.Sos dalam sambutannya memaparkan program kerja dari Pusat Karir.
Dia mengatakan agenda workshop kali ini sangat penting untuk para calon lulusan. Mereka diberikan bekal materi tentang cara yang membuat lamaran yang bagus dan tepat sasaran di masa kini. “Kami mendatangkan pemateri yang profesional. Mudah-mudahan menjadi inspirasi dan kegiatan ini bermanfaat bagi mahasiswa,” ucapnya.

Ketua STIE Kertanegara Malang
Dr. Anton Ferry Ananda, SE., MM mengatakan Workshop Career Apply For a Job memberikan banyak wawasan kepada mahasiswa khususnya calon lulusan. Materinya memadukan antara potensi hard skill dan soft skill. “Pemateri memberikan masukan yang tentu akan bermanfaat untuk menunjang karir anda,” ucap Anton, saat sambutan.

Dia pun mengapresiasi kerjasama yang baik antara pusat karir dan departemen lain. Termasuk juga Bidang Akademik dan Kemahasiswaan. Sehingga kegiatan workshop berlangsung dengan lancar. “Semoga memberikan pencerahan dan inspirasi untuk mahasiswa dalam menjalani karir yang lebih baik,” imbuhnya.

Dua narasumber memberikan materi dengan metode yang berbeda. Heru Utomo, SE., MM., memaparkan secara offline di Kampus Stiekma. Materinya tentang teknik membuat lamaran kerja, teknik membuat curriculum vitae, dan teknik wawancara.

Sedangkan Faris Hidayat, ST., MT., menyampaikan materinya secara online. Karena saat ini posisinya berada di Portugal. Dia menyampaikan materi tentang teknik memilih pekerjaan, penyusunan rencana karir dan jenjang karir. (imm)

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img