spot_img
Monday, February 26, 2024
spot_img

Suriah dan Palestina Raih Kemenangan, Indonesia Merosot Posisi 4 Klasemen Peringkat 3 Terbaik

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Sesuai prediksi Malang Posco Media, Timnas Suriah dan Palestina raih kemenangan di laga terakhir penyisihan grup B dan C Piala Asia 2023, Selasa (23/1) malam. Dua tim ini sama-sama mengemas 4 poin bakal menjadi pesaing Indonesia dalam perebutan satu dari empat peringkat 3 terbaik untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia.

Selain 12 tim dari 6 grup (juara grup dan runner up) yang lolos ke babak 16 besar, ada tambahan 4 tim dari posisi tiga terbaik masing-masing grup. Artinya dari 6 tim peringkat tiga, di klasemen lagi untuk memastikan hanya 4 tim yang berhak lolos ke 16 besar. Hasil laga terakhir grup B dan C telah mengubah posisi klasemen sementara peringkat 3 terbaik.

Suriah menang tipis 1-0 dari India di grup B, dan Palestina menang 3-0 dari Hongkong di grup C. Atas kemenangan dua tim yang menempati peringkat tiga di grupnya masing-masing tersebut, membuat Indonesia merosot ke posisi 4 klasemen peringkat 3 terbaik. Indonesia yang mengemas 3 poin digeser oleh Suriah dan Palestina dengan 4 poin.

Kini Palestina berada di posisi 1, disusul Suriah posisi 2, Bahrain posisi 3 dan Indonesia  posisi 4 klasemen sementara peringkat 3 terbaik Piala Asia 2023. Posisi 5 ada Oman di grup F yang menyisakan satu laga terakhir. Mengemas 1 poin, berpeluang untuk bersaing dengan Indonesia yang akan menghadapi Jepang di laga terakhir, Rabu (24/1).

Untuk lebih aman, jika tak bisa menang lawan Jepang di laga terakhir grup D ini, Indonesia harus bisa menahan imbang atau raih 1 poin. Lantaran jika kalah, atau tetap mengemas 3 poin, maka peluang Indonesia semakin tipis, bergantung hasil Bahrain lawan  Yordania di grup E, serta hasil Oman hadapi Kirgizstan pada laga terakhir grup F.

Indonesia yang akan bertanding lebih dulu bakal ditunggu hasilnya oleh Bahrain dan Oman. Misalkan Indonesia kalah, maka Bahrain hanya butuh hasil imbang untuk memastikan lolos. Namun jika Bahrain menang atas Yordania, maka peringkat 3 grup E, antara Yordania dan Korea Selatan yang kini sudah sama-sama mengemas 4 poin.

Sementara di grup F, hasil Oman lawan Kirgizstan akan menjadi penentu terakhir untuk tim yang lolos ke babak 16 besar, termasuk mempengaruhi nasib Indonesia. Khususnya jika Indonesia kalah, maka Indonesia berharap Oman juga kalah atau imbang. Lantaran jika Oman menang, mengemas 4 poin, bakal menggeser posisi Indonesia di klasemen peringkat 3 terbaik.

Untuk itu, meski peluang menang lawan Jepang tetap ada, hasil imbang adalah target yang realistis. Menyusul dengan 4 poin di klasemen akhir, peluang lolos ke babak 16 besar melalui jalu peringkat 3 terbaik lebih  terbuka bagi Indonesia. Meski juga bergantung hasil Bahrain dan Oman di laga terakhir mereka pada hari Kamis (25/1). Kecuali Indonesia menang lawan Jepang, beda cerita. (bua)

Klasemen Sementara Peringkat 3 Terbaik Piala Asia 2023

1. Palestina (C): Main 3, Menang 1, Seri 1, Kalah 1, Poin 4, Selisih Gol 0 (5-5)

2. Suriah (B): Main 3, Menang 1, Seri 1, Kalah 1, Poin 4, Selisih Gol 0 (1-1)

3. Bahrain (E); Main 2, Menang 1, Seri 0, Kalah 1, Poin 3, Selisih Gol -1 (2-3)

4. Indonesia (D): Main 2, Menang 1, Seri 0, Kalah 1, Poin 3, Selisih Gol -1 (2-3)

5. Oman (F): Main 2, Menang 0, Seri 1, Kalah 1, Poin 1, Selisih Gol -1 (1-2)

Jadwal Laga Terakhir

Grup D: Irak vs Vietnam, Jepang vs Indonesia (Rabu, 24 Januari)

Grup E: Yordania vs vs Bahrain, Korea Selatan vs Malaysia (Kamis, 25 Januari)

Grup F: Arab Saudi vs Thailand, Kirgizstan vs Oman (Kamis, 25 Januari)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img