spot_img
Friday, July 19, 2024
spot_img

Sutiaji Raih Penghargaan Apresiasi Tokoh Indonesia 2023

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media, Jakarta- Komitmen serta upaya-upaya konkret melalui kebijakan strategis dalam mendorong akselerasi transformasi digital mengantarkan Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji menerima penghargaan di ajang Apresiasi Tokoh Indonesia Tahun 2023 kategori Pengembangan Digitalisasi dari TEMPO Media.


Penghargaan ini diterima langsung oleh Wali Kota Malang Sutiaji di Jakarta, Selasa malam (29/8/2023) tadi.

- Advertisement -


“Kerja keras yang dilakukan selama ini membuahkan hasil. Alhamdulillah, pembangunan kolaboratif dengan peran hexahelix menjadi model Kota Malang. Kemandirian fiskal menjadi sangat penting dan terus didorong melalui berbagai terobosan dan inovasi,” beber Sutiaji.


Kota Malang berdasarkan Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) dinilai berhasil mencapai skor yang signifikan dengan poin tertinggi pada pilar Infrastruktur dan ekosistem serta keterampilan digital yang sejajar dengan kota-kota besar seperti Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.


Selain itu hasil dari Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD), Kota Malang juga menunjukkan sudah masuk level digital dengan skor 96,7. ETPD menjadi suatu upaya untuk mengubah transaksi pendapatan dan belanja pemerintah daerah dari cara tunai menjadi nontunai berbasis digital.


Komitmen Wali Kota Malang dalam memulihkan dan membangun ekonomi Kota Malang pun diwujudkan salah satunya melalui stimulus pengembangan dan penguatan ekonomi digital melalui e-commerce, yakni dengan mendorong pelaku UMKM dan ekonomi kreatif mengikuti dan menerapkan kemajuan teknologi.
“Digitalisasi bagi para pelaku UMKM di era seperti sekarang ini adalah sebuah keniscayaan dan penting. Sektor UMKM juga menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, sehingga sangat membantu pemerintah dalam menekan angka pengangguran, khususnya pengangguran terbuka,” urai pria berkacamata tersebut.


Hasilnya, ekonomi Kota Malang tumbuh signifikan dari -2,26 persen pada tahun 2020 saat pandemi Covid-19 melanda menjadi 4,21 persen di tahun 2021. Kemudian pada tahun 2022 perekonomian Kota Malang tumbuh sangat mengesankan mencapai 6,32 persen. Angka ini bahkan melebihi pertumbuhan sebelum pandemi dan menjadi rekor tertinggi dalam kurun waktu satu dasawarsa terakhir.


Sementara itu, Direktur Utama TEMPO, Arif Zulkifli menyampaikan bahwa Apresiasi Tokoh Indonesia Tahun 2023 merupakan wujud penghargaan terhadap tokoh-tokoh yang berkontribusi pada pembangunan di daerah masing-masing dan di tingkat nasional.


“Mereka mengukir prestasi sesuai bidangnya, dan membuktikan karya nyata untuk masyarakat, untuk Indonesia. Para kepala daerah harus bisa memberikan pelayanan publik terbaik, mengetahui apa saja kebutuhan rakyat serta mencari peluang agar peran negara dapat dirasakan oleh masyarakat,” jelas Arif. (aim)

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img