spot_img
Wednesday, June 19, 2024
spot_img

Taklukkan Sertifikaasi Linux Internasional

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA –  Ramadhania Wihdatusy Yamin berhasil menaklukan sertifikasi profesional Linux multi-level dari Linux Professional Institute (LPI) di usianya yang masih terbilang muda. 

LPI merupakan lembaga terbesar sedunia yang mengeluarkan sertifikasi keahlian dan profesi dibidang Linux.

Perempuan kelahiran tahun  2001 ini  mengatakan sertifikasi menjadi salah satu ‘berlian’ yang banyak dicari, khususnya bagi mereka yang bekerja di bidang IT seperti dirinya.

“Kebetulan saya bekerja sebagai technical support di salah satu perusahaan yang ada di Malang. Awalnya, seperti yang lain, saya belum terlalu paham terkait sertifikasi ini. Ternyata setelah mencari tahu ini salah satu sertifikasi yang banyak diincar oleh para pekerja  IT,”  kata alumni SMK PGRI 3 Kota Malang

Bagi mereka yang bekerja di Teknologi Informasi atau lebih dikenal dengan IT tentu sudah tidak asing dengan Linux. Yakni sistem operasi open source yang paling terkenal dan paling banyak digunakan.

Sertifikasi LPI menjadi salah satu yang paling banyak dicari, tidak hanya oleh pekerja IT di Indonesia, namun juga dunia.

“Jadi saingannya tuh dari berbagai negara. Bahkan untuk menemui sertifikasi ini butuh dua kali  percobaan bagi saya. Yang awal gagal karena persiapan yang kurang. Setelah itu baru saya belajar dengan benar, dan melakukan tes saat memang dirasa sudah siap. Dan Alhamdulillah saya bisa lolos dan mendapatkan sertifikasi tersebut,”  paparnya.

Di lanjutnya, dengan sertifikasi yang ia peroleh, bisa lebih memudahkannya dalam berjejaring dan mencari pekerjaan. Karena LPIC-1 yang merupakan sertifikasi tingkat pertama yang dikeluarkan oleh LPI memiliki skala yang luas, sampai tingkat internasional.

“Di Indonesia masih sangat sedikit yang paham terkait sertifikasi ini. Padahal keuntungannya sangat banyak. Bisa menjadi portfolio ketika mendaftar di perusahaan lainnya. Karena sertifikasi yang dikeluarkan LPI ini banyak yang dijadikan sebagai syarat berkas,” imbuh Nia, sapaan akrabnya.

Tak berhenti sampai disana, ia juga terus bersemangat untuk mengoleksi berbagai sertifikasi yang terpandang dikalangan IT. Seperti MikroTik Certified Network Associate(MTCNA), MikroTik tahun 2019, cPanel& WHM Administrator Certification(CWA), cPanel tahun 2023, cPanel&WHM Sales Professional Exam(CPSP), cPanel tahun 2023, cPanel Professional Certification Exam(CPP),cPanel tahun 2023, WordPress Certification, Template Monster tahun 2023, Advanced WordPress Certification,Template Monster tahun 2023 serta WordPress Elementor Certification,TemplateMonster- tahun 2023. (adam malik/van)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img