spot_img
Saturday, July 13, 2024
spot_img

Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang

Tanam Ribuan Pohon di Daerah Tangkapan Air

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Upaya konservasi lingkungan dalam rangka melestarikan cadangan air tanah terus digalakkan Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang. Termasuk diantaranya dengan menggiatkan penanaman bibit pohon di daerah tangkapan air atau catchment area sumber mata air dan sumur dalam yang ada di cakupan Bromo Tengger Semeru.

SYUKUR: Perwakilan Camat Jabung Edi Triwayono Kasi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Jabung mengaku bersyukur dan berterimakasih atas diadakannya penanaman pohon

Senin (26/9) kemarin, Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang menggelar penanaman seribu pohon, bersinergi dengan Perum Jasa Tirta 1 di Lapangan Desa Pandansari Lor Kecamatan Jabung Kabupaten Malang.

“Ini bagian kita untuk merawat alam. Insya Allah, sumber sumber air di tempat kita itu sebenarnya menangkap airnya dari sini. Maka ini menjadi daerah yang penting untuk kita lakukan konservasi,” kata Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang M. Nor Muhlas kepada Malang Posco Media.

SIAP TANAM: Dirut Perumda Air Minum Tugu Tirta M. Nor Muhlas siap menanam pohon untuk lingkungan yang lebih baik.

Pada kesempatan kali ini, sejumlah jenis bibit pohon yang ditanam diantaranya pucuk merah, rambutan, mangga, jambu biji, durian, sengon dan kluweh. Acara dihadiri langsung oleh Direksi dan Tim RPAM Perumda Tugu Tirta bersama jajaran muspika Kecamatan Jabung, termasuk perangkat Desa Pandansari Lor dan Desa Ngadirejo.

SERAHKAN POHON: Dirut Perumda Air Minum Tugu Tirta M. Nor Muhlas menyerahkan secara simbolis salah satu bibit pohon kepada Perwakilan Camat Jabung Edi Triwayono Kasi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Jabung.

“Mengapa dilakukan di sini, karena di sini termasuk daerah yang penting untuk konservasi. Tangkapan air sumur dalam dan sumber air kita termasuk dari jalur delinasi Bromo Tengger Semeru yang salah satunya melewati wilayah Jabung. Berikutnya juga akan kami lakukan penanaman bibit pohon di catchment area lainnya yang tersebar di Malang Raya,” tegasnya.

Selain sebagai upaya nyata menyelamatkan eksistensi sumber air, Muhlas juga berharap kegiatan seperti ini bisa menjadi trigger alias pemantik bagi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan semakin peduli terhadap alam.

BIBIT POHON: Dirut Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang M. Nor Muhlas, S.Pd, M.Si bersama Direktur Teknik, Ir. Ari Mukti, MT usai menyerahkan simbolis seribu bibit pohon kepada muspika Kecamatan Jabung

“Sehingga kita semua bisa turut berperan aktif dalam mengatasi krisis global. Generasi saat ini harus memikirkan masa depan generasi berikutnya, caranya dengan memelihara lingkungan dan alam sekitar. Dengan begitu kita termasuk menjaga sumber air kita tetap lestari,” tuturnya.

Sementara itu Camat Jabung yang diwakili Edi Triwayono Kasi Ekonomi Pembangunan Kecamatan Jabung menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kepercayaan serta amanah penghijauan dari Perumda Tugu Tirta. Ia berharap agar program yang begitu bermanfaat seperti ini supaya tidak hanya dilakukan di Desa Pandansari Lor saja tapi juga desa-desa lainnya.

“Mudah-mudahan program ini bisa berkembang, kami akan menjaga dan merawat bantuan yang diberikan. Suatu amanah untuk penghijauan khususnya di wilayah Kecamatan Jabung ini,” tandasnya. (ian/aim)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img